Fenomena ustadz selebritas Indonesia di tengah masyarakat risiko

Rotifah, Nurul (2019) Fenomena ustadz selebritas Indonesia di tengah masyarakat risiko. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504016023_NURUL_ROTIFAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1504016023_NURUL_ROTIFAH)
SKRIPSI_1504016023_NURUL_ROTIFAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang pesat membawa dampak kepada masyarakat. Munculnya media massa seperti televisi, telepon seluler, maupun internet adalah bagian dari perkembangan teknologi informasi. Media mampu merekonstruksi realitas baru melalui kecanggihan teknologi informasi. Hingga akhirnya bergeser ke ranah agama. Dalam hal ini dapat dilihat dari kemunculan beberapa ustadz selebritas dan media sosial kini menawarkan ke dalam spiritualitas tetapi juga sebagai seorang selebritas melalui citra yang di bentuk. Fenomena ini merupakan salah satu bentuk komodifikasi agama, dimana nilai-nilai agama dikomersialisasi untuk mendapatkan keuntungan. Proses dakwah yang berbaur dengan pasar tidak bisa dilepaskan dengan sistem dominasi yaitu kapitalisme.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif (library research), dengan objek peneliannya adalah buku-buku dan media massa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menganalisa pemahaman adanya fenomena ustadz selebritas dengan menggunakan analisa masyarakat risiko Anthony Giddens. Analisis dilakukan setelah data-data yang dibutuhkan terkumpul. Proses analisis dimulai dari membaca, mempelajari dan menelaah data yang didapat mengenai modernitas, refleksivitas, dan industri dan agama yang ada. Selanjutnya proses analisis tersebut, peneliti mengambil kesimpulan dari masalah yang bersifat umum ke masalah yang bersifat khusus.
Penelitian ini didapat berdasarkan rumusan masalah dengan menggunakan indikator khalayak sebagai respon fenomena ustadz selebritas. Pada tingkat ini masyarakat sebagai masyarakat konsumsi akan menerima atau mengikuti apa yang ada pada ustadz selebritas. Sejauh ini masyarakat menerima sebagai risiko yang akan ditimbulkan seperti kesenjangan sosial, menurunnya moralitas dalam agama menjadi bagian dari hiburan. Adanya relasi industri dan agama akan memberikan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin. Kondisi ini yang akan membentuk masyarakat berada dalam kondisi ketidakpastian antara agama dan dunia industri. Sebagai masyarakat risiko yakni masyarakat mau tidak mau harus menghadapi ancaman dan bahaya sosial yang akan ditimbulkan sebagai bentuk perubahan zaman. Hal yang terpenting adalah menelaah ulang apa yang terjadi di dalam fenomena ustadz selebritas dengan beran mengambil sikap menuju keamanan dan kenyamanan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ustadz selebritas; Masyarakat risiko; Modernitas
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.261 Islam and philosophy
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 01 Mar 2021 06:28
Last Modified: 13 Jun 2021 04:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12201

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics