Penafsiran ayat-ayat tentang sedih menurut Fakhr ad-Dīn ar-Rāzī dalam tafsir Mafātīḥ al-Gaib

Najih, M. (2019) Penafsiran ayat-ayat tentang sedih menurut Fakhr ad-Dīn ar-Rāzī dalam tafsir Mafātīḥ al-Gaib. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_134211102_M_NAJIH]
Preview
Text (SKRIPSI_134211102_M_NAJIH)
SKRIPSI_134211102_M_NAJIH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu dari Mukjizat al-Qur’an merupakan mukjizat ilmiah yang diturunkan setiap manusia. Salah satu mukjizat ilmiah yang menjadi bukti kebenaran al-Qur’an adalah yang berkaitan dengan rasa sedih. Rasa sedih merupakan emosi yang berseberangan dengan rasa senang dan gembira, kesedihan akan terjadi disaat seorang individu merasakan orang yang sangat dikasihinya hilang, kehilangan sesuatu yang sangat bernilai, tertimpa suatu musibah, gagal dalam merealisasikan suatu rencana dan banyak lainnya. Selain itu rasa sedih mempunyai dua konotasi makna yaitu ada rasa sedih yang biasa-biasa saja, adapula yang mempunyai muatan yang begitu mendalam. Dalam al-Qur’an ada beberapa kata yang oleh mayoritas ulama’ dimasukan dalam kategori ‘sedih’ juga pada sebagian literatur tafsir dengan sedih dan kesedihan. yaitu asafā, asā, ḥuzn dan ḥasrah . Padahal jika dilihat dari sisi penggunaannya dalam al-Qur’an kata-kata tersebut memiliki makna yang berbeda. Berawal dari kegelisahan ini, penulis tertarik untuk mengkaji tentang kesedihan dalam al-Qur’an. Untuk memperkuat penelitian ini, penulis menggunakan perspektif Tafsir Mafātīḥ al-Gaib karya Fakhr ad-Dīn ar-Rāzī, karena didalam menafsirkan al-Qur’an, beliau bisa dikatakan cukup komprehensif dari berbagai lini, lebih-lebih aspek linguistik. Dan kesedihan juga berkaitan dengan kesehatan.
Masalah yang dikemukakan dalam skripsi ini adalah 1). Bagaimana penafsiran ar-Rāzī terhadap ayat-ayat kesedihan berdasarkan term asafa, asā, ḥuzn dan ḥasrah ? 2) Bagaimana relevasi penafsiran tersebut terhadap Ilmu kesehatan mental ?
Adapaun metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif-analisis. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah linguistik yang mengacu pada tafsir al-Qur’an dan kamus bahasa arab, pendekatan ini bertujuan untuk menemukan makna asli dari setiap kata maupun makna yang tertulis, dalam hal ini ayat-ayat yang berkaitan dengan asafā, asā, ḥuzn dan ḥasrah.
Setelah melakukan penelitian ini penulis menemukan bahwa ar-Rāzī menjelaskan tentang kesedihan yang ditunjukan dengan term asafā mempunyai makna marah yang dan juga rasa sedih, makna dari keduanya sangat berdekatan, jika datang kepada seseorang sesuatu yang dibenci dan itu datang dari orang yang notabene berada di bawahmu maka ia akan marah sedangkan jika datang dari orang yang notabene kedudukannya berada di atas ia akan merasa sedih. Adapun term asā dan menurut ar-Rāzī ia dimaknai dengan sedih yang teramat berat. Adapun makna Ḥuzn secara eksplisit ar-Rāzī tidak memberikan makna sama sekali akan tetapi dikamus ia bermakna kesedihan secara umum baik berat maupun ringan. Sedangkan yang terakhir Ḥasrah bermakna penyesalan yang teramat sangat seakan-akan seperti hewan yang linglung kehilangan arah. Dan dalam hal ini kesedihan memiliki beberapa tahapan diantaranya pengingkaran lalu dilanjutkan dengan dengan emosi setelah itu kesedihan meningkat menjadi amarah dan berakhir menjadi depresi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sedih; Tafsir Al-Qur'an; Fakhr ad-Dīn ar-Rāzī; Tafsir Mafātīḥ al-Gaib
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1228 Nonreligious subjects treated in the Al-Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 01 Mar 2021 08:02
Last Modified: 16 Nov 2021 06:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12205

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics