Kitāb dalam Al-Qqur’an : kajian semantik

Wibowo, Ficky Prasetyo (2019) Kitāb dalam Al-Qqur’an : kajian semantik. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1404026019_FICKY_PRASETYO_WIBOWO]
Preview
Text (SKRIPSI_1404026019_FICKY_PRASETYO_WIBOWO)
SKRIPSI_1404026019_FICKY_PRASETYO_WIBOWO.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kata al-Kitāb di dalam al-Qur’an sering dipahami sebagai bentuk fisik dari kalam Tuhan yang diturunkan kepada para Nabi-Nya, terhimpun menjadi satu berbentuk buku. Kata al-Kitāb, yang berasal dari kata kerja kataba, berarti menulis, di-isim-kan (kata benda) dengan ditambahi al ma’rifat di depan menjadikan al-Kitāb diartikan sebagai tulisan. Tetapi ketika Nabi menyampaikan kata al-Kitāb di tengah masyarakat Ummiyun, menjadi kurang tepat jika al-Kitāb hanya dipahami sebagai bentuk fisik atau yang disebut dengan buku.
Secara literal al-Kitāb bermakna menghimpun sesuatu dengan sesuatu yang lain. Term al-Kitāb kemudian diartikan tulisan, karena tulisan itu sendiri menunjukan rangkaian dari beberapa huruf, termasuk pula firman Allah yang diturunkan kepada para rasul-Nya. Disebut al-Kitab karena ia merupakan himpunan dari beberapa lafadz (Ghalib, 1998: 19). Al-Kitāb juga memiliki arti wajib (al-fardh), hukum (al-hukm), dan ketentuan atau ketetapan (al-qadr).
Dalam skripsi ini, penulis mengungkapkan makna yang terkandung dalam kata al-Kitāb atau Kitāb yang terdapat dalam al-Qur’an dengan menggunankan analisis semantik. Sebuah istilah yang digunakan untuk mempelajari makna atau arti dalam bahasa. Proses yang dilakukan dalam penelitian ini adalah meneliti makna dasar dan makna relasional kata Kitāb dalam al-Qur’an.
Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian kepustakaan (Library Reseach), yaitu kegiatan riset yang dilakukan dengan melihat atau mencari data dari bahan-bahan koleksi kepustakaan. Analisis deskriptif juga menjadi metode dalam skripsi ini.
Berdasarkan analisis semantik yang dilakukan terhadap kata al-Kitāb atau Kitāb, kata tersebut tidak hanya memiliki makna dasar buku atau tulisan. al-Kitāb adalah akumulasi dari sekian banyak unsur-unsur yang terkandung di dalamnya.
Dalam pandangan dunia al-Qur’an, kata ini memiliki makna relasional yang beragam. Permtama, adakalanya al-Kitab dimaknai langsung dengan al-Qur’an. Hal ini biasanya bercirikan kata Kitab yang setelahnya disifati dengan kata/kalimat kesempurnan. Misalkan Kitab al-Mubin. Atau kata al-Kitab yang bersanding dengan kalimat membenarkan kitab sebelumnya. Kedua, makna Kitab yang merujuk langsung nama Kitab Taurat, Injil atau Kitab-kitab yang turun sebelum al-Qur’an, biasanya memuat kalimat orang-orang yang telah diberi al-Kitab, Kami telah memberi Kitab kepada Musa, dan kalimat yang semisalnya. Ketiga, Kata Kitab atau al-Kitab diartikan dengan ketetapan atau ilmu Allah, biasanya tertulis dengan kalimat kitab Allah (كِتَابَ اللَّهِ). Keempat, kata Kitab atau al-Kitab yang dimaknai dengan Lauh al-Mahfuzh. Kebanyakan kitab diartikan demikian memiliki ciri di dahului kata fii (فى ). Kelima, Kitab yang dimaknai dengan buku catatan, berbicara dalam konteks kehidupan setelah kematian dari alam dunia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kitab; Tafsir Al-Qur'an; Semantik
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1228 Nonreligious subjects treated in the Al-Quran
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Arabic > 492.78 Arabic standard usage (Linguistik Bahasa Arab)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Mar 2021 02:38
Last Modified: 17 Nov 2021 07:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12209

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics