Tabarruj dalam perspekif teori double movement Fazlur Rahman

Sa'adah, Nailis (2019) Tabarruj dalam perspekif teori double movement Fazlur Rahman. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1404026124_NAILIS_SAADAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1404026124_NAILIS_SAADAH)
SKRIPSI_1404026124_NAILIS_SAADAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tabarruj merupakan tema yang tidak pernah usang untuk dibicarakan. Tabarruj merupakan tindakan seorang perempuan yang berhias diri dan menonjolkan bagian tubuh tertentu untuk memikat perhatian laki-laki. Jika tabarruj dibaca tanpa memahami konteks, maka cenderung sangat bias dan dan menimbulkan anggapan bahwa setiap perempuan yang berhias diri dan mengenakan pakaian yang tidak tertutup cenderung berniat mengundang perhatian laki-laki, sehingga dianggap wajar jika perempuan mendapatkan pelecehan seksual. Hal ini tentu tidak dapat dibenarkan, sebab banyak kasus pelecehan seksual juga terjadi pada perempuan berjilbab. Studi ini mengkaji ayat-ayat tabarruj secara historis dan mencari ideal moralnya agar dapat dipahami dan diterapkan untuk konteks sekarang. Kajian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode teori double movement Fazlur Rahman.Hasil analisis menunjukkan bahwa tabarruj merupakan buah dari interaksi antara perempuan dan laki-laki dalam konteks negatif sehingga dilarang oleh Islam. Dalam Islam, laki-laki dan perempuan mempunyai derajat yang sama di mata Allah Swt sehingga laki-laki dan perempuan sewajarnya bersikap wajar baik dalam berpakaian maupun tindakan. Solusi dari tabarruj seharusnya tidak dibebankan hanya kepada perempuan, laki-laki pun harus mengambil peran untuk mencegah tabarruj. Dengan memperoleh pendidikan seks sejak dini dan menciptakan lingkungan yang sehat secara mental maka tabarruj dapat terhindarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tabarruj; Teori double movement; Fazlur Rahman
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.267 Islam and arts
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Mar 2021 08:40
Last Modified: 16 Nov 2021 08:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12213

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics