Al-Qur’an sebagai sarana pengobatan alternatif : studi living Qur’an di Pondok Pesantren At Tin Doplang Purworejo

Setiyani, Agus (2019) Al-Qur’an sebagai sarana pengobatan alternatif : studi living Qur’an di Pondok Pesantren At Tin Doplang Purworejo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504026017_AGUS_SETIYANI]
Preview
Text (SKRIPSI_1504026017_AGUS_SETIYANI)
SKRIPSI_1504026017_AGUS_SETIYANI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an dapat menyembuhkan penyakit jasmani maksudnya adalah penyakit psikomotorik, yaitu penyakit jiwa yang berdampak pada jasmani karena tidak jarang orang merasa sesak nafas atau dada bagaikan tertekan karena adanya ketidakseimbangan rohani. Pada pengobatan ini berbeda dengan pengobatan yang lain yaitu dengan menggunakan ayat-ayat Al-Qur’an dan juga menggunakan media ayam, untuk mengobati segala macam penyakit. Oleh karena itu, berdasarkan hal ini peneliti melakukan penelitian mengenai bagaimana praktik pengobatan. Sebagaimana rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana pandangan kiai Khusni Mubarok dan pasien terhadap pengobatan alternatif dengan ayat-ayat Al-Qur’an?, (2) Bagaimana praktik pengobatan alternatif di Pondok Pesantren At Tin Doplang Purworejo yang berbasis Al-Qur’an?, (3) Bagaimana makna ayat-ayat Al-Qur’an sebagai pengobatan alternatif di Pondok Pesantren AtTin Doplang Purworejo?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan (field research) dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan fenomenologi. Sumber primer dari penelitian ini adalah kiai Khusni Mubarok yaitu pengasuh Pondok Pesantren At Tin Doplang Purworejo, pasien dan kitab-kitab, buku-buku, serta artikel dan jurnal yang mempunyai hubungan dengan tema penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dengan pengobat (kyai), pasien serta keluarga pasien. Metode observasi ketika pelaksanaan pengobatan alternatif dan metode dokumentasi berupa berkas pendukung, buku daftar hadir dan sebagainya.
Hasil penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Pandangan kyai Khusni Mubarok terhadap Al-Qur’an sebagai sarana pengobatan alternatif bahwa pada pengobatan ini harus berfikir positif dan penuh harap, karena penyakit yang berjangkit ditubuh manusia ada yang dhohir dan ada yang batin, dan Al-Qur’an diturunkan kepada kita (muslim) sebagaian utuk penyembuh (syifa’) juga rahmat, sedangkan ayat-ayat lain sebagai “way of life” (pedoman hidup) dunia maupun akhirat, dan pandangan pasien terhadap Al-Qur’an sebagai sarana pengobatan bahwa kita harus menyakini bahwa Allah SWT, yang maha menyembuhkan segala penyakit. Bahwa Allah SWT setiap menurunkan penyakit kepada manusia, pasti Allah SWT juga menyiapkan obatnya. Tinggal manusia itu yang berusaha untuk mencari kesembuhannya. (2) Praktik pengobatan Alternatif bahwa dalam pengobatan ini menggunakan ayat-ayat Al-Qur’an adalah surat Al-Isra’: 82, surat Asy-Syu’ara: 80, dan surat Yunus: 57. (3) Makna ayat-ayat Al-Qur’an sebagai pengobatan bahwa Al-Qur’an benar-benar mempunyai banyak fungsi tidak hanya sebagai petunjuk hidup, Al-Qur’an juga sebagai penyembuh (syifa’) dan juga rahmat. Dan hanya mendengarkan bacaan ayat-ayat Al-Qur’an, memiliki pengaruh secara langsung untuk mengurangi ketegangan dan pengaruh tidak langsung dapat merangsang sistem kekebalan, sehingga bisa membantu proses penyembuhan baik terhadap pasien muslim maupun non muslim.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Living Qur’an; Al-Qur’an dan kesehatan; Pengobatan alternatif; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1228 Nonreligious subjects treated in the Al-Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Mar 2021 01:39
Last Modified: 17 Nov 2021 06:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12216

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics