Praktik pembacaan Al-Qur’an sebagai penangkal hujan : analisis resepsi fungsional di Ponpes Aziziyyah Bringin Ngaliyan Semarang

Rizal Khulaili, Ahmad (2019) Praktik pembacaan Al-Qur’an sebagai penangkal hujan : analisis resepsi fungsional di Ponpes Aziziyyah Bringin Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504026088_AHMAD_RIZAL_KHULAILI]
Preview
Text (SKRIPSI_1504026088_AHMAD_RIZAL_KHULAILI)
Skripsi_1504026088_Ahmad_Rizal_Khulaili.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an sebagai firman Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW merupakan pedoman dalam kehidupan umat manusia. Dewasa ini, terdapat fenomena yang dikenal dengan istilah living Qur’an (fenomena al-Qur’an yang hidup di rutinitas masyarakat sehari-hari) yang menjadikan al-Qur’an bukan kitab yang hanya dapat dibaca atau ditafsirkan melaikan dapat difungsikan untuk tujuan tertentu. Salah satu bentuk living Qur’an adalah Praktik Pembacaan Surat-Surat Tertentu Sebagai Penangkal Hujan di Pondok Pesantren Madrosatul Qur’anil Aziziyyah.
Dalam penelitian ini fokus masalahnya ialah bagaimana praktik pembacaan surat-surat tertentu sebagai penangkal hujan. Kemudian menganalisis bagaimana makna dari pembacaan surat tertentu yang ada di Pondok Pesantren Madrosatul Qur’anil Aziziyyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif-deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan praktik pelaksanaan pembacaan surat-surat tertentu dan menganalisis menggunakan teori Jauss dengan resepsi harapan horizon guna mengetahui makna dari praktik pembacaan surat-surat tertentu. untuk mendapatkan data terkait, penulis juga melakukan observasi dengan berpartisipasi langsung ke lapangan maupun secara tidak langsung melalui sumber-sumber lain di luar lapangan dalam bentuk informasi tertulis ataupun lisan. Sebagai pelengkap observasi, penulis juga melakukan wawancara ke berbagai pihak diataranya pengasuh, santri dan alumni Pondok Pesantren Madrosatul Qur’anil Aziziyyah.
Penelitian ini menunjukkan bahwa al-Qur’an mempunyai faedah atau makna yang terkandung dalam al-Qur’an itu sendiri. Hasil penelitian ini yaitu yang pertama, di Pondok Pesantren Madrosatul Qur’anil Aziziyyah ini al-Qur’an di praktikkan pembacaan surat-surat tertentu sebagai penangkal hujan. Diantara surat-surat yang dibaca adalah surat al-Fātiḥah, Ayat Kursi, Surat al-Fīl, surat al-Qadr dan surat al-Lahab. Yang kedua, dengan menggunakan teori Jauss resepsi fungsional horizon harapan yang didapat dari wawancara, terdapat makna dari praktik pembacaan surat-surat tertentu sebagai penangkal hujan. Adapun makna dalam praktik pembacaan surat-surat tertentu yaitu untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, sebagai wasilah, memohon keselamatan, minta kelancaran rizki dan penolak hujan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembacaan Al-Qur’an; Penangkal hujan; Resepsi fungsional; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1228 Nonreligious subjects treated in the Al-Quran
300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Mar 2021 08:37
Last Modified: 16 Nov 2021 08:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12222

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics