Tradisi penulisan Ayat Kursi di cengkir gading pada ritual tingkeban di Desa Babaktulung Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang : analisis resepsi fungsional

Khalilah, Ani (2019) Tradisi penulisan Ayat Kursi di cengkir gading pada ritual tingkeban di Desa Babaktulung Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang : analisis resepsi fungsional. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504026094_ANI_KHALILAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1504026094_ANI_KHALILAH)
Skripsi_1504026094_Ani_Khalilah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Agama Islam yang lahir di Indonesia banyak menyerap tradisi dan budaya Arab. Terlepas dari itu semua, agama Islam di Indonesia memiliki fondasi budayanya sendiri yang jauh diluar sistem budaya Arab. Di Indonesia, khusunya suku Jawa adalah sekelompok masyarakat yang masih kental dengan tradisi adat dan budayanya. Masyarakat Jawa merupakan ladang potensial yang masih memendam segudang informasi budaya yang dapat digali seiring dengan perkembangan waktu. Islam yang masuk dalam kebudayaan Jawa, yang disaring adalah Islam. Bagaimana Islam tersebut disaring dan diserap untuk menjadi bagian dari tradisi lokal sedangkan yang tidak cocok tidak dimasukkan. Salah satu upacara ritual adat Jawa yang mengandung unsur keislaman didalamnya adalah ritual tingkeban.
Ritual tingkeban yang ada disetiap daerah maupun kelompok pasti berbeda, hal tersebut dikarenakan intensitas pengaruh budaya luar antara daerah yang satu dengan yang lain adalah berbeda. Di desa Babaktulung Kec. Sarang Kab. Rembang, ritual tingkeban yang dilaksanakan terdapat tradisi penulisan ayat Kursi di cengkir gading yang digunakan sebagai ubo rampe dalam ritual upacaranya. Tradisi yang serupa dengan memanfaatkan cengkir gading juga terdapat didaerah lain, namun tetap terdapat perbedaan pada apa yang mereka tulis pada kulit cengkir gading tersebut. Hal tersebut merupakan bentuk respon dari masyarakat terhadap Al Qur’an yang mereka baca. Masyarakat desa tersebut meyakini, bahwa dengan menuliskan ayat Kursi dalam ritual tingkeban memberikan pengaruh positif bagi pelaksana tradisi ritualnya. Maka permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana latar belakang dan makna tradisi penulisan ayat kursi di cengkir gading dalam ritual tingkeban di desa Babaktulung Kecamatan Sarang Kabupaten Rembang.
Adapun metode yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Sumber data yang digunakan adalah para informan baik yang terlibat maupun yang dianggap mengerti tradisi tersebut, yaitu para tokoh masyarakat serta buku-buku yang menunjang dalam penelitian tersebut. Sedangkan metode dan analisis data dengan menggunakan metode kualitatif dan fenomenologi.
Dari hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa respon masyarakat terhadap kitab suci yang mereka baca, merupakan bentuk dari resepsi fungsional. Yaitu, memposisikan Al Qur’an sebagai kitab yang ditujukan kepada manusia untuk dipergunakan demi tujuan tertentu. Banyak ayat Al Qur’an yang dapat mereka jadikan sebagai asma’ atau ayat perlindungan. Namun susunan ayat kursi yang sedemikian rupa dengan sifat-sifat keagungan Allah sehingga menjadikannya sebagai sayyidatul Ayaat merupakan keistimewaan tersendiri. Maka dalam tradisi ritualnya, masyarakat desa Babaktulung Kec. Sarang Kab. Rembang meyakini bahwa dengan memasukkannya dalam rangkaian ritual mereka akan menimbulkan banyak dampak positif bagi pelaksana ritualnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tradisi; Penulisan Ayat Kursi; Ritual tingkeban; Resepsi fungsional
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 390 Customs, etiquette, folklore > 392 Customs of life cycle and domestic life
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 03 Mar 2021 08:46
Last Modified: 13 Nov 2021 06:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12223

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics