Praktik mujāhadah shalawat ummiyah Jama’ah Pondok Faidun Nur Demak : studi living hadis

Jalaluddin, Muhammad (2019) Praktik mujāhadah shalawat ummiyah Jama’ah Pondok Faidun Nur Demak : studi living hadis. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504026136_MUHAMMAD_JALALUDDIN]
Preview
Text (SKRIPSI_1504026136_MUHAMMAD_JALALUDDIN)
SKRIPSI_1504026136_MUHAMMAD_JALALUDDIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Mujāhadah shalawat ummiyah ialah bersungguh-sungguh dalam melawan hawa nafsu, menghindari kesenangan duniawi dan tentunya mendekatkan diri kepada Allah SWT. Di zaman modern ini tentu sulit untuk melaksanakan mujahadah karena sibuk akan urusan duniawi, banyak kaum muslimin yang melupakan mujahadah atau taqarrub kepada Allah SWT, mereka terlalu sibuk dengan urusan dunia sehingga dalam melaksanakan ibadah hanya sekedar fardhu saja, bahkan sunnah sering dikecam sebagai bid’ah karena mereka tidak mengenalnya. Sedangkan shalawat adalah tujuannya untuk mendapatkan syafa’at dari Nabi Muhammad SAW, dan bahwasanya Allah SWT bersama para Malaikatnya bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.
Penulis dalam membahas masalah ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, yakni untuk mengungkap serta memahami suatu fenomena beserta konteksnya yang khas dan unik yang dialami oleh individu hingga pada keyakinan individu yang bersangkutan. Sedangkan penelitian ini menggunakan jenis penilitian field research (lapangan). Adapun sumber-sumber datanya diperoleh dari Pengasuh Pondok dan Jama’ah Mujāhadah Shalawat Ummiyah serta buku-buku yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dengan observasi yaitu mengumpulkan data dengan cara pengamatan dengan fenomena yang diteliti, wawancara yaitu pengumpulan data yang diambil dari pertanyaan untuk responden dan juga dokumentasi. Analisis data yang penulis gunakan dalam penelitian ini, yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data. Pertama, reduksi data, dalam tahap ini peneliti melakukan proses penyeleksian, yang kedua display data yaitu melakukan organisasi data, mengaitkan hubungan-hubungan tertentu antara data yang satu dengan data yang lainnya, yang ketiga verifikasi data yaitu melakukan penafsiran (interpretasi) terhadap data yang sudah peneliti peroleh.
Pokok kajian dalam penelitian ini adalah Bagaimana praktik mujāhadah shalawat ummiyah di Pondok Faidun Nur Desa Kedungmutih Demak?, dan Bagaimana pemaknaan jama’ah terhadap mujāhadah shalawat ummiyah di Pondok Faidun Nur Desa Kedungmutih Demak?
Berdasarkan hasil penelitian, dalam praktiknya mujāhadah shalawat ummiyah itu sangat penting bagi kehidupan, terutama bagi jama’ah mujāhadah shalawat ummiyah yang setiap saat selalu diamalkan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Mujāhadah shalawat ummiyah menurut para jama’ah bermacam-macam dari menengkan hati, menentramkan jiwa, bahkan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Mujahadah shalawat ummiyah mutlak diperlukan dalam menjalankan syari’at Islam secara penuh, hal ini dibutuhkan karena sebuah keberhasilan yang ada di dunia maupun akhirat tidak mungkin bisa diraih tanpa adanya upaya bersunguh-sungguh. Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan tentang mujāhadah shalawat ummiyah serta mengetahui dan memahami hakekat dari mujāhadah shalawat ummiyah menurut pandangan para jama’ah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Living hadis; Mujāhadah; Shalawat ummiyah; Jamaah Pondok Faidun Nur Demak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.125 Hadits
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Mar 2021 06:02
Last Modified: 13 Nov 2021 06:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12227

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics