Pengaruh konsep mahabbah terhadap hidup selibat : studi kasus Rabi’ah al-Adawiyah

Rohmah, Mahmudah Nurur (2019) Pengaruh konsep mahabbah terhadap hidup selibat : studi kasus Rabi’ah al-Adawiyah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Pengaruh konsep mahabbah terhadap hidup selibat : studi kasus Rabi’ah al-Adawiyah]
Preview
Text (Pengaruh konsep mahabbah terhadap hidup selibat : studi kasus Rabi’ah al-Adawiyah)
SKRIPSI_134411017_MAHMUDAH_NURUR_ROHMAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rabi’ah al-Adawiyah adalah seorang sufi perempuan yang terkenal karena mencetuskan konsep mahabbah yang bercorak mistis karena menjadikan Allah sebagai objek cinta secara langsung. Beliau juga terkenal sebagai sufi perempuan yang berselibat atau tidak menikah padahal Islam tidak mengajarkan atau menganjurkannya. Keseriusan Rabi’ah dalam menghayati mahabbah dianggap sebagai motif Rabi’ah untuk berselibat. Dalam sejarah hidupnya, Rabi’ah pernah dijual dan dijadikan budak seharga enam dirham namun kemudian dimerdekakan tuannya. Fase tersebut menjadikan Rabi’ah menyadari bahwa menjadi hamba seorang manusia adalah kesalahan, sebab penghambaan sejati hanya ditujukan kepada Allah. Apabila dianalogi ke dalam kehidupan pernikahan yang dianggap memiliki sistem sama, yaitu penghambaan terhadap keluarga, keturunan, dan harta, maka secara esensial pernikahan tidak sesuai dengan prinsip zuhud dan mahabbah.
Skripsi ini berisi pembahasan tentang analisis bagaimana konsep mahabbah Rabi’ah al-Adawiyah memengaruhi pilihan Rabi’ah untuk berselibat ditinjau dari aspek tasawuf, historis, dan kondisi sosial pada masa kehidupannya. Sehingga mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengaruh konsep mahabbah Rabi’ah terhadap beliau yang memilih hidup berselibat. Pendekatan yang digunakan dalam tulisan ini adalah studi kepustakaan atau library research yang dianalisis secara deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah dokumen pustaka berbentuk buku atau wacana yang dianggap relevan dengan Rabi’ah dan unsur-unsur substansial yang diteliti yang berbentuk cetak maupun digital. Pengumpulan data dilakukan penulis melalui identifikasi wacana yang berkaitan dengan subjek penelitian, dalam hal ini Rabi’ah, serta teori-teori yang mendukung jalannya proses analisis.
Dari penelitian ini, diketahui bahwa pilihan Rabi’ah untuk berselibat merupakan hasil pendirian persoalnya yang tidak hanya dipengaruhi oleh mahabbah, tetapi juga faktor sosial di masa itu. Pernikahan bagi Rabi’ah adalah ujian cinta yang menuntut konsistensi dalam mencintai Allah semata. Terlebih, lewat usahanya dalam menghayati mahabbah, Rabi’ah telah mendapat pengalaman, pengetahuan, dan kesadaran tentang hakikat yang sejati, yaitu Allah. Akibatnya, Rabi’ah kehilangan rasa keakuan atau kepemilikan atas dirinya karena kesadarannya melebur dengan iradat Allah. Sehingga, pernikahan bukanlah pilihan bagi Rabi’ah yang tidak memiliki dirinya sendiri.
Ditinjau dari aspek sosial , di zaman Rabi’ah hidup kondisi masyarakat secara umum sedang mengalami degradasi moral karena terjadi peningkatan materealisme di kalangan peguasa serta problematika sosial, terutama perbudakan yang tidak bisa ditangani karena masyarakat terlanjur kurang percaya dengan pemerintah di masa itu. Rabi’ah yang notabene mantan budak di lain sisi memiliki kelonggaran untuk memilih hidup berselibat atau tidak karena sudah terputus hubungan dengan keluarga kandungnya. Sehingga Rabi’ah tidak terbebani kewajiban untuk mempertahankan martabat keluarga lewat jalur pernikahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Mahabbah; Selibat; Rabi’ah al-Adawiyah; Sufi; Sufisme
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 04 Mar 2021 08:34
Last Modified: 19 Jun 2021 02:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12235

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics