Perbedaan kecerdasan spiritual antara pecandu minuman beralkohol dan mantan pecandu minuman beralkohol remaja Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang

Fahlin, Sekhatul (2019) Perbedaan kecerdasan spiritual antara pecandu minuman beralkohol dan mantan pecandu minuman beralkohol remaja Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1504046007_sekhatul_fahlin]
Preview
Text (skripsi_1504046007_sekhatul_fahlin)
skripsi_1504046007_sekhatul_fahlin.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian berjudul "perbedaan kecerdasan spiritual pecandu minuman beralkohol dan mantan pecandu minuman beralkohol" yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan kecerdasan spiritual pecandu minuman beralkohol dan mantan pecandu minuman beralkohol remaja kecematan Gringsing kabupaten Batang.
Menurut teori Danah Zohar kecerdasan spiritual merupakan bentuk kecerdasan tinggi yang memadukan kedua bentuk kecerdasan sebelumnya, yakni kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional. Untuk itu kecerdasan spiritual sangat berguna bagi remaja untuk menggapai cita-citanya. Tetapi karena mengkonsumsi minuman beralkohol membuat kecerdasan spiritual pada remaja menurun.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan komparasi. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja kecamatan Gringsing kabupaten Batang yang diambil dari desa Krengseng, Ketanggan, dan Gringsing yang berjumlah 225. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 responden yang diambil secara area sampling. Pengumpulan data menggunakan skala dengan menggunakan skala likert. Metode analisis data dibantu dengan menggunakan program SPSS (Stastistical Product and Service Solutions) versi 16.0 for windows.
Hasil analisis data mengenai judul penelitian Perbedaan Kecerdasan Spiritual antara Pecandu Minuman Beralkohol dan Mantan Pecandu Minuman Beralkohol Remaja Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang menunjukan uji independent t-test -6.738 dengan taraf signifikansi 0,000. Oleh karena itu nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa "Ada Perbedaan Kecerdasan Spiritual antara Pecandu Minuman beralkohol dan Mantan Pecandu Minuman Beralkohol Remaja Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang".

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan spiritual; Remaja; Pecandu minuman beralkohol; Mantan pecandu minuman beralkohol
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Mar 2021 07:40
Last Modified: 19 Jun 2021 00:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12241

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics