Pengaruh ta’zir terhadap tingkat kedisiplinan santri putra Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Guyangan, Trangkil Pati

Sejati, Muh Wahyu (2019) Pengaruh ta’zir terhadap tingkat kedisiplinan santri putra Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Guyangan, Trangkil Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1504046018_Muh_Wayu_Sejati]
Preview
Text (skripsi_1504046018_Muh_Wayu_Sejati)
skripsi_1504046018_Muh_Wayu_Sejati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pondok Pesantren Raudlatul Ulum ditetapkan tata tertib bagi santrinya. Tata tertib di Ponpes Raudlatul Ulum menanamkan kedisiplinan untuk mencapai keberhasilan di dalam mendidik para santrinya. Pendidikan dalam tata tertib tersebut adalah pendidikan yang tidak sekedar memberi pengetahuan beragam, tetapi lebih utama yaitu membiasakan santri patuh dan taat menjalankan ibadah serta bertingkah laku dalam kehidupannya sesuai dengan norma-norma yang telah ditetapkan dalam agama Islam. Pengenaan sanksi terhadap santri yang melanggar peraturan tersebut (Ta’zir) yang pada dasarnya menanamkan sikap tanggung jawab yang sekaligus mendidik agar para santri konsekuen terhadap peraturan.
Pendekatan penelitian korelasional dipilih jika suatu penelitian bermaksud untuk mendeteksi seberajauh mana variasi-variasi pada suatu variabel penelitian berhubungan dengan variasi-variasi pada suatu atau lebih variabel lain itu tidak bersifat sebab-akibat.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa nilai uji F dengan nilai uji F tabel, dengan kriteria uji, apabila nilai F bitung lebih dari (>) nilai F tabel maka ditolak. Tabel 4.2 di atas menjelaskan bahwa, nilai F 32,794 adalah 329.529 dibagi 10,049, nilai tabel F untuk df 1:38 dengan a = 0,05 adalah 0,251. Dengan demikian koefisien arah regresi tidak berarti melawan koefisien arah, karena nilai probabilitas (sig) 0,000 < 0,05; artinya koefisien regresi nyata adanya dan dinyatakan linier atau terdapat pengaruh yang kuat antara pemberian hukuman (ta’zir) terhadap kedisiplinan santri putra di Pondok Pesantren Roudlatul Ulum Guyangan Pati.Artinya ada pengaruh antara variabel X dengan variabel Y. Dengan hasil tersebut, penerapan ta’zir hanya memberikan kontribusi 27% dari kedisiplinan santri putra dalam mentaati peraturan. Sedangkan 73% dipengaruhi oleh aspek lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan; Takzir; Santri putra; Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Guyangan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 10 Mar 2021 08:44
Last Modified: 15 Jul 2021 02:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12244

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics