Manajemen strategi pemasaran SMK Hidayah Semarang

Annisa, Nurul (2019) Manajemen strategi pemasaran SMK Hidayah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1403036059_NURUL_ANNISA]
Preview
Text (SKRIPSI_1403036059_NURUL_ANNISA)
SKRIPSI_1403036059_NURUL_ANNISA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya untuk melancarkan pemasaran jasa pendidikan yakni sekolah mampu merencanakan strategi yang tepat untuk meninjau pasar dan kebutuhan pelanggan jasa pendidikan. Strategi pemasaran merupakan rencana suatu organisasi yang dibuat untuk melakukan pemasaran dengan memperkenalkan organisasinya terhadap publik.
Fenomena sejumlah satuan pendidikan mengalami penurunan jumlah siswa mengurangi atau menghentikan operasinya tersebut sangat meluas dan merupakan isu permasalahan yang penting untuk dikaji. Suatu satuan pendidikan dituntut untuk senantiasa merevitalisasi strateginya guna menjamin kesesuaian tuntutan lingkungan dan persaingan dengan kekuatan internal yang dimilikinya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian di analisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini adalah : 1) perencanaan strategi pemasaran meliputi penilaian keperluan penyusunan strategi, menganalisis situasi lingkungan, pemilihan (perumusan) strategi : 2) pelaksanaan strategi pemasaran meliputi program (produk) yang ada di SMK Hidayah Semarang, anggaran strategi pemasaran, prosedur strategi pemasaran: 3) evaluasi strategi pemasaran meliputi peninjauan ulang faktor internal dan eksternal, pengukuran kinerjastrategi pemasaran, dan langkah korektif strategi pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Manajemen Pemasaran; Strategi Pemasaran
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Nur Laila Fitria Rachma
Date Deposited: 16 Mar 2021 14:03
Last Modified: 16 Mar 2021 14:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12247

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics