Manajemen MGMP PAI SMA di Kota Semarang dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru

Yasin, Muhammad Alfi (2019) Manajemen MGMP PAI SMA di Kota Semarang dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_123311028_MUHAMMAD_ALFI_YASIN]
Preview
Text (SKRIPSI_123311028_MUHAMMAD_ALFI_YASIN)
SKRIPSI_123311028_MUHAMMAD_ALFI_YASIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas manajemen peningkatan kompetensi pedagogik guru di MGMP PAI SMA Kota Semarang. Kajian di latar belakangi oleh kompetensi guru yang kurang baik, padahal kompetensi guru menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan dalam pendidikan. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui tentang : (1) Bagaimana Manajemen MGMP PAI SMA di kota Semarang. permasalahan tentang (2) Bagaimana Upaya MGMP SMA di kota Semarang dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru PAI Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi data yang telah diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Manajemen yang dilakukan di MGMP PAI SMA Kota Semarang sudah cukup baik dari perencanaan yaitu adanya penetapan visi misi dan tujuan, struktur organisasi, program kerja, dan sumber dana. Sedangkan dalam pelaksanaan yaitu dengan adanya konsolidasi kepengurusan anggota, pembuatan modul dan persiapan UASBNPAI. Dalam hal evaluasi menggunakan beberapa macam evaluasi diantaranya pretes, evaluasi formatif, evaluasi program pelatihan. (2) upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik yaitu dengan adanya worskop pendidikan dan studi banding. Saran dari peneliti untuk MGMP PAI SMA Kota Semarang yaitu perlu diterapkan manajemen secara maksimal agar tujuan dari MGMP PAI SMA di Kota Semarang dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi pedagogik; Guru; Manajemen MGMP; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 16 Mar 2021 04:29
Last Modified: 16 Mar 2021 04:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12248

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics