Perbedaan adversity quotient dalam menyelesaikan tugas kuliah antara mahasiswa yang bekerja dan mahasiswa yang tidak bekerja Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Wwalisongo Semarang

Nisa', Avina Nadiya (2019) Perbedaan adversity quotient dalam menyelesaikan tugas kuliah antara mahasiswa yang bekerja dan mahasiswa yang tidak bekerja Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Wwalisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504046044_AVINA_NADIYA_NISA']
Preview
Text (SKRIPSI_1504046044_AVINA_NADIYA_NISA')
SKRIPSI_1504046044_AVINA_NADIYA_NISA'.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tugas kuliah merupakan suatu kewajiban yang harus diselesaikan bagi setiap mahasiswa. Baik mahasiswa tersebut kuliah sambil bekerja maupun tidak sambil bekerja. Bekerja sendiri bukanlah suatu kewajiban bagi seorang mahasiswa, namun keadaan ekonomi yang dialami membuat mahasiswa juga meluangkan waktunya untuk bekerja. Kegiatan bekerja tentunya sedikit menyita waktu dan tenaga bagi para mahasiswa yang bekerja untuk menyelesaikan tugas kuliah, berbeda dengan mahasiswa yang tidak bekerja, mereka hanya fokus kepada kuliah mereka. Dengan demikian, Adversity Quotient (daya juang) sangatlah penting untuk dimiliki setiap mahasiswa untuk dapat menyelesaikan tugas kuliah mereka. Namun apakah ada perbedaan Adversity Quotient diantara keduanya. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan Adversity Quotient dalam menyelesaikan tugas kuliah antara mahasiswa yang bekerja dan mahasiswa yang tidak bekerja Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang.
Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan jenis penelitian komparasi. Subjek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang. Dengan jumlah 92 orang, 46 orang adalah mahasiswa bekerja dan 46 orang adalah mahasiswa tidak bekerja. Adapun pengumpulan data dilakukan penyebaran skala, analisis data menggunakan uji T Independent dengan bantuan SPSS (Statistical Program for Social Service) versi 17.0 for windows.
Hasil uji hipotesis Independent sampel test diperoleh nilai signifikansi 0,538 yang berarti data tidak signifikan karena lebih besar dari 0,05. Dari hasil perhitungan ini maka dapat diketahui bahwa hipotesis ditolak karena nilai probabilitas lebih besar dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan Adversity Quotient dalam menyelesaikan tugas kuliah antara mahasiswa yang bekerja dan mahasiswa yang tidak bekerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Adversity quotient; Daya juang; Tugas kuliah; Mahasiswa yang bekerja; Mahasiswa yang tidak bekerja
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 Mar 2021 07:36
Last Modified: 19 Jun 2021 01:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12260

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics