Faktor-faktor penyebab kecemasan pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi : studi kasus mahasiswa FUHUM di UIN Walisongo Semarang

Puspitasari, Eva Rusdiana (2019) Faktor-faktor penyebab kecemasan pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi : studi kasus mahasiswa FUHUM di UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504046084_EVA_RUSDIANA_PUSPITASARI]
Preview
Text (SKRIPSI_1504046084_EVA_RUSDIANA_PUSPITASARI)
SKRIPSI_1504046084_EVA_RUSDIANA_PUSPITASARI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (790kB) | Preview

Abstract

Kecemasan adalah gangguan perasaan akibat dari manifestasi dari berbagai proses emosi yang bercampur, sehingga memunculkan rasa takut atau khawatir pada situasi yang sangat mengancam karena adanya ketidakpastian di masa mendatang serta ketakutan bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi. Pada umumnya mahasiswa tingkat akhir semester yang sedang mengerjakan skripsi akan mengalami gangguan psikologi seperti cemas, takut, stress, dan depresi. Namun kondisi psikologis setiap mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi dari masing-masing individu sangat berbeda terhadap kecemasan tersebut. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode deskriptif kualitatif yaitu mengumpulkan informasi mengenai status gejala menurut apa adanya dari responden pada saat penelitian dilakukan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 21 Desember 2018 sampai dengan Bulan Agustus 2019 di Fakultas Ushuludin dan Humaniora (FUHUM) UIN Walisongo Semarang dengan responden 8 mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut diolah dan disusun kedalam bentuk kalimat deskriptif sehingga lebih mudah dalam memahami.
Dari hasil penelitian ini penulis menyatakan bahwa secara garis besar faktor-faktor yang dapat menjadi penyebab kecemasan para mahasiswa FUHUM UIN Walisongo Semarang yang sedang mengerjakan skripsi dibagi menjadi 2 faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kesulitan dalam awal mengerjakan skripsi seperti pengajuan judul,referensi buku yang diperlukan, kebiasaan menunda (males), faktor kemampuan dan teman, menghindari masalah yaitu kerja, bermain-main dan tidak mencari jalan keluar, malu atau minder dengan orang tua dan teman. Sedangkan faktor eksternal meliputi Standar kompetensi kelulusan (hafalan Al-Qur’an, Hadits, TOEFL, dan IMKA) dan kesulitan bertemu dengan dosen yang bersangkutan dalam penyusunan skripsi, kuliah sambil kerja karena ingin mandiri, maupun tekanan lingkungan seperti keluarga, dosen dan teman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecemasan; Mahasiswa; Skripsi
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 Mar 2021 08:14
Last Modified: 19 Jun 2021 01:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12266

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics