Ragam motivasi sedekah di Panti Asuhan Sahal Suhail Ungaran

Musta’idah, Imamatus Salamatil (2019) Ragam motivasi sedekah di Panti Asuhan Sahal Suhail Ungaran. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504046089_IMAMATUS_SALAMATIL_MUSTAIDAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1504046089_IMAMATUS_SALAMATIL_MUSTAIDAH)
SKRIPSI_1504046089_IMAMATUS_SALAMATIL_MUSTAIDAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Manusia memiliki berbagai kebutuhan.Kebutuhan timbul akibat adanya berbagai hubungan. Kebutuhan dapat berwujud fisik, biologis, serta sosial ekonomis. Motivasi tampak sebagai kebutuhan sekaligus sebagai pendorong yang dapat menggerakkan semua potensi. Dibanyaknya kebutuhan manusia pada akhirnya memunculkan dorongan usaha untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satu usaha yang dilakakukan adalah dengan sedekah dan salah satu media bersedekah di panti asuhan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana ragam motivasi para donatur panti asuhan sahal suhail ungaran? Yang diklasifikasikan menjadi tiap motivasi duniawi, motivasi duniawi dan akhirat, serta motivasi akhirat. Sehingga dapat diketahui, diklasifikasikan, dan dikategorikan ragam motivasi dari sedekah yang dilakukan oleh para donatur di tahun 2018.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode kualitatif berusaha memahami dan menafsirkan makna suatu peristiwa interaksi tingkah laku manusia dalam situasi tertentu.Analisis data dengan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman.(1) Mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. (2) Mereduksi data, memusatkan perhatian, menyerderhankan, dan membuang yang tidak perlu agar data dapat dengan mudah ditarik kesimpulan. (3) Penyajian data untuk memberikan kesimpulan dan pengambilan tindakan. (4) Penarikan kesimpulan, yang diverifikasi selama penelitian berlangsung.
Hasil penelitian menunjukkan motivasi yang melatarbelakangi donatur mengunjungi panti asuhan diklasifikasikan menjadi tiga bagian dan dikategorikan berdasarkan motivasinya, yaitu motivasi duniawi (kesehatan, kesuksesan/ rezeki marteri, hajat dunia, dan keluarga), motivasi duniawi dan akhirat (anak sholeh/sholehah, keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah, aqiqah, khitanan, dan mendapatkan jodoh), serta motivasi akhirat (permohonan khusus untuk orang meninggal, ketaqwaan, dan hajat akhirat). Dari ketiga motivasi tersebut, jumlah presentase tertinggi adalah motivasi duniawi yaitu 74%, sedangkan motivasi duniawi dan akhirat serta motivasi akhirat ada 13%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Motivasi; Sedekah; Panti asuhan
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 Mar 2021 08:19
Last Modified: 19 Jun 2021 01:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12267

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics