Analisis atribut seismik (RMS frequency) untuk karakterisasi reservoar karbonat pada lapangan “Melwood” formasi Cibulakan Atas Cekungan Jawa Barat Utara

Azmi, Ahmad Khairul (2019) Analisis atribut seismik (RMS frequency) untuk karakterisasi reservoar karbonat pada lapangan “Melwood” formasi Cibulakan Atas Cekungan Jawa Barat Utara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1508026003_AHMAD_KHAIRUL_ AZMI]
Preview
Text (SKRIPSI_1508026003_AHMAD_KHAIRUL_ AZMI)
SKRIPSI_1508026003_AHMAD_KHAIRUL_ AZMI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Lapangan “Melwood” terletak di cekungan Jawa Barat Utara yang memiliki potensi hidrokarbon pada reservoir target yaitu karbonat yang berada pada lapisan F anggota dari formasi Cibulakan Atas. Beragamnya karakter properti petrofisika, fisika batuan, serta amplitudo seismik refleksi reservoir menyebabkan perlu adanya perlakuan khusus untuk memetakan distribusi reservoar-reservoar tersebut. Teknik karakterisasi reservoir yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis atribut seismik menggunakan RMS Frequency. Dengan menggunakan hasil dari analisis atribut RMS Frequency dapat menampilkan perubahan litologi lapisan tersebut, hasil analisis tersebut kemudian dilakukan slicing untuk mendapatkan sebaran nilai amplitudo secara lateral. Dari peta sebaran amplitudo didapatkan distribusi dari karbonat pada lapisan F yang memiliki rentang nilai amplitudo tinggi yaitu 80-100 m pada daerah tinggian atau daerah yang lebih tinggi permukaannya daripada daerah sekitarnya, tepatnya di sekitar sumur daerah penelitian di interval lapisan F. Selain itu, didapatkan juga nilai amplitudo yang tinggi dari ekstrak atribut RMS Frequency di Timur daerah penelitian. Maka dari itu, diindikasikan zona prospek berada di Timur dari Lapangan Melwood interval lapisan F.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Reservoar karbonat; Atribut seismik; RMS Frequency; Amplitudo
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
500 Natural sciences and mathematics > 550 Earth sciences > 551 Geology, hydrology, meteorology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 45201 - Fisika
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 23 Mar 2021 04:07
Last Modified: 12 Jun 2021 02:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12275

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics