Aplikasi Metode Keteladanan dalam Pembelajaran Akhlak di Madrasah Diniyah Awwaliyah Raudlotul Muta’alimin Sukolilan Patebon Kendal Tahun 2011-2012

Rosanti, Siti Kholisoh (2012) Aplikasi Metode Keteladanan dalam Pembelajaran Akhlak di Madrasah Diniyah Awwaliyah Raudlotul Muta’alimin Sukolilan Patebon Kendal Tahun 2011-2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911262_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911262_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911262_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911262_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911262_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911262_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911262_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Bagaimana aplikasi metode keteladanan dalam pembelajaran akhlak di Madrasah Diniyah Awwaliyah Raudlotul Muta’alimin Sukolilan Patebon Kendal Tahun 2011-2012; 2. Faktor apa saja yang menjadi penunjang dan penghambat aplikasi metode keteladanan dalam pembelajaran Akhlak di Madrasah Diniyah Awwaliyah Raudlotul Muta’alimin Sukolilan Patebon Kendal Tahun 2011-2012. Penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research yakni penelitian yang dilakukan di kancah atau medan terjadinya gejala-gejala yang diselidiki. Adapun metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif deskriptif dengan cara berfikir induktif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sedangkan dalam mencari kesimpulan penulis menggunakan cara berfikir induktif yaitu cara menarik kesimpulan yang berangkat dari fakta-fakta yang khusus konkrit kemudian ditarik generalisasi yang bersifat umum. Hasil penelitian dalam skripsi ini menunjukkan bahwa model pembelajaran akhlak yang dikembangkan di Madrasah Diniyah Awwaliyah Raudlotul Muta’alimin adalah dengan menggunakan keteladanan dari guru, yaitu dengan menerapkan berbagai keteladanan sikap yang baik dari guru kepada siswa, misalnya kelembutan dan kasih sayang, banyak senyum dan ceria, lemah lembut dalam tutur kata, disiplin ibadah dan menghias diri dengan tingkah laku sesuai dengan misi yang diembannya. Disamping keteladanan guru yang diajarkan di Madrasah, keteladanan orang tua juga harus dikembangkan di rumah oleh keluarga. Keluarga di rumah memiliki potensi yang sangat drastis dan praktis dalam memberikan keteladanan kepada ank-anaknya dibandingkan orang lain, unsur lain, atau kelompok lain. Sebab sesuatu yang diperbuat melalui keteladanan selalu berdampak lebih luas, lebih jelas, dan lebih berpengaruh daripada yang dikatakan. Dan keluarga merupakan teladan utama dan memiliki tanggung jawab yang sangat mendasar. Jadi penerapan metode keteladanan dalam upaya mengembangkan akhlak anak tidak hanya diajarkan di lingkungan Madrasah saja. Namun lingkungan keluarga dan masyarakat juga sangat berpengaruh dalam mempersiapkan dan membentuk anak secara moral, spiritual dan sosial. Karena kelurga adalah wadah utama dan pertama, sedangkan lingkungan masyarakat merupakan tempat anak didik berinteraksi dan beradaptasi dalam lingkungan hidupnya. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Keteladanan; Pembelajaran Akhlak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 24 Dec 2013 08:56
Last Modified: 24 Dec 2013 08:56
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1228

Actions (login required)

View Item View Item