Strategi pemasaran produk iB tabungan haji di Bank Jateng kantor cabang pembantu syari'ah Semarang Barat

Inayah, Syifa Nurul (2019) Strategi pemasaran produk iB tabungan haji di Bank Jateng kantor cabang pembantu syari'ah Semarang Barat. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605015001_Syifa Nurul Inayah.pdf]
Preview
Text
Skripsi_1605015001_Syifa Nurul Inayah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah atau Bank Jateng Syariah merupakan Unit Bisnis yang dibentuk oleh Bank Jateng guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk dan jasa perbankan berbasis syariah tertama pada produk tabungan haji. Seiring dengan minat masyarakat muslim yang meningkat dan di dukung dengan masyarakatnya yang mayoritas beragama Islam untuk menunaikan rukun islam yang kelima tersebut lembaga keuangan syariah menyediakan beragam produk dan layanan jasa mengenai pemberangkatan ibadah haji. Bank Jateng Syariah sebagai salah satu BPS BPIH berhak memberi fasilitas tabungan haji yang dikenal sesuai dengan nama produknya, iB Tabungan Haji. Namun tidak hanya kuantitasnya saja yang dijadikan perhatian tetapi perlu di pikirkan pula untuk mengimbanginya dengan kualitas SDM atau masyarakat muslim itu sendiri, terutama dalam pengetahuannya mengenai tata cara pendaftaran haji menggunakan tabungan dengan tujuan untuk menghindari dari kejahatan. Tujuan dari penelitian yang dilakukan penulis bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi produk iB tabungan haji di bank jateng syaria’ah dan perkembangan jumlah penabung pada produk tabungan haji di bank jateng syariah. Selain itu, penelitian ini merupakan penelitian lapangan dimana sumber data berasal dari wawancara dan dokumentasi dengan pihak yang berkaitan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis dan akurat mengenai objek penelitian. Berdasarkan penelitian dan pembahasan yang telah penulis lakukan, penulis dapat menyimpulkan, diantaranya: dalam strategi pemasaran di Bank Jateng Syariah tentang tabungan haji yaitu dengan cara MOU (Memorandum Of Understanding) dan dengan melakukan cross-selling dengan customer service. Tabungan haji pada bank Jateng Syariah merupakan tabungan berdasarkan prinsip wadiah yad dhamanah yaitu akad titipan yang diberikan satu pihak kepada pihak lain untuk dijaga dan boleh digunakan atau manfaatkan akan tetapi kalau sewaktu-waktu diminta oleh sang pemiliknya dikembalikan dengan utuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bank Islam; Bank dan Perbankan; Tabungan haji
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 23 Mar 2021 05:48
Last Modified: 05 Jun 2021 02:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12282

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics