Pengembangan bahan ajar biologi dengan pendekatan SRETS (science, religious, environment, technology, and society) pada materi sistem imun kelas XI MA Sunniyyah Selo Grobogan

Fitriyah, Laily (2019) Pengembangan bahan ajar biologi dengan pendekatan SRETS (science, religious, environment, technology, and society) pada materi sistem imun kelas XI MA Sunniyyah Selo Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1503086003_LAILY_FITRIYAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1503086003_LAILY_FITRIYAH)
SKRIPSI_1503086003_LAILY_FITRIYAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena belum adanya bahan ajar Biologi kelas XI MA/SMA dengan pendekatan SRETS (Science, Religious, Environment, Technology and Society) pada materi sistem imun di sekolah MA Sunniyyah Selo Grobogan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendiskripsikan kelayakan Bahan Ajar Biologi berpendekatan SRETS (Science, Religious, Environment, Technology and Society) pada materi sistem imun Kelas XI Semester Genap di MA Sunniyyah Selo Grobogan. Penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur yang dikemukakan oleh Thiagarajan (4D). Model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate. Setelah tahap Develop dilakukan pengujian kelayakan oleh ahli materi, ahli media serta guru biologi, sedangkan pengukuran aspek kognitif dilakukan dengan memberi post-test kemudian diuji keefektifannya dengan menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan bahan ajar biologi dapat di kategori sangat layak. Hal ini di dasarkan pada persentase 82% (ahli materi), 96,5% (ahli media) dan 87,58% (guru biologi). Tingkat respon peserta didik terhadap bahan ajar biologi dengan pendekatan SRETS mencapai 83,61% dengan kategori sangat layak digunakan. Berdasarkan uji t satu pihak diperoleh thitung< ttabel (0,2027<2,045) sehinggga rata-rata nilai biologi pada materi sistem imun setelah mempelajari bahan ajar biologi berpendekatan SRETS lebih dari nilai KKM=75. Maka bahan ajar biologi berpendakatan SRETS efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Buku ajar; Biologi; SRETS (science, religious, environment, technology, and society); Sistem imun
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 24 Mar 2021 02:39
Last Modified: 18 Nov 2021 06:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12301

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics