Konsep pendidikan tauhid perspektif Habib Abdurrahman bin Saggaf dalam kitab Al-'Aqaid ad-Diniyyah

Ramdani, Mohamad (2019) Konsep pendidikan tauhid perspektif Habib Abdurrahman bin Saggaf dalam kitab Al-'Aqaid ad-Diniyyah. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1403016057_MOHAMAD_RAMDANI]
Preview
Text (SKRIPSI_1403016057_MOHAMAD_RAMDANI)
skripsi_1403016057_mohamad ramdani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tauhid adalah masalah yang paling mendasar dan utama dalam ajaran Islam. Karena diterima atau tidaknya amal perbuatan manusia muslim di sisi Allah sangat tergantung kepada tauhid itu sendiri. Menghadapi segala tantangan globalisasi modern pada gilirannya bukan tidak mungkin bisa mengikis aqidah anak. Kitab Al-Aqaid Ad-diniyyah karangan Habib Abdurrahman bin Saggaf Assagaf membahas cara mendidik anak berbasis tauhid untuk mengarahkan dan membekali jiwa tauhid pada mereka. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui konsep pendidikan tauhid dalam kitab Al-Aqaid Ad-diniyyah prespektif Habib Abdurrahman bin Saggaf Assagaf. Pertanyaan utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep pendidikan tauhid dalam kitab Al-Aqaid Ad-diniyyah prespektif Habib Abdurrahman bin Saggaf Assagaf ?.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) maka metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif-analitik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan hermeneutis dan filosofis. Sehingga peneliti mencoba untuk menganalisis teks yang ada dalam kitab Al-Aqaid Ad-diniyyah prespektif Habib Abdurrahman bin Saggaf Assagaf
Kitab Al-Aqaid Ad-Diniyyah ditulis beliau khusus untuk para siswa-siswi madrasah agar mereka dapat memahami dan menghafal pelajaran tentang tauhid dengan sangat mudah. Kitab ini secara garis besar memuat pokok-pokok bahasan tentang kewajiban setiap mukallaf mengenal Allah dan rasul-Nya, uraian tentang sifat dua puluh, pembagian sifat dua puluh menjadi empat bagian: sifat nafsiyyah, salbiyyah, ma‟ani dan ma‟nawiyah, sifat wajib bagi rasul dan lawannya, iman kepada para nabi dan rasul, malaikat, kitab kitab samawi dan hari akhir, peristiwa khariq al-„adah dan semua bahasan tentang sam‟iyyat yang wajib diimani oleh setiap muslim, semuanya ini dibahas menurut faham Ahlussunnah wal Jama‟ah yang dipelopori oleh Abu Hasan Al-Asyari dan Abu Manshur al-Maturidi dan pengikut pengikut mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan tauhid; Habib Abdurrahman bin Assagaf; Al-Aqaid Ad-Diniyyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fatma Hani Khulaidah
Date Deposited: 24 Mar 2021 05:19
Last Modified: 24 Mar 2021 05:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12302

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics