Perlindungan konsumen dalam transaksi jual beli online di PT. Shopee Internasional Indonesia

Faizal, Nurlaeni (2019) Perlindungan konsumen dalam transaksi jual beli online di PT. Shopee Internasional Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502056013_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1502056013_Lengkap)
SKRIPSI_1502056013_NURLAENI FAIZAL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Perlindungan hukum terhadap konsumen dalam transaksi jual beli online, perlu kiranya mendapatkan penegasan pertanggung jawaban yang kaitannya dengan praktik jual beli online serta permasalahan wanprestasi yang disebabkan oleh pelaku usaha. Sejauh mana peran marketplace serta pelaku usaha ikut bertanggung jawaban dalam kerugian wanprestasi yang dialami konsumen.
Shopee merupakan salah satu perusahaan yang mengubah proses bisnisnya melalui e-commerce, yang mana fokus bergerak di bidang jual beli online.
Jenis penelitian hukum yang digunakan yakni penelitian hukum yuridis empiris. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, observasi. analisis data yang digunakan yakni analisis data kualitatif.
Hasil penelitian yang didapat oleh penulis yaitu bahwa (1) Praktik jual beli yang digunakan di marketplace Shopee yakni menggunakan sistem transaksi B2C (Businnes to Consumer) dan C2C (consumer to consumer). (2) Tanggung jawab dalam perlindungan hukum terhadap konsumen yang diberikan shopee sebagai marketplace berkaitan dengan terjadi wanprestasi ataupun perbuatan melanggar hukum yang disebabkan oleh pelaku usaha maka beban pertanggung jawabannya di tanggung oleh pelaku usaha dengan mengacu kepada kontrak yang para pihak sepakati. Perlindungan yang diberikan shopee adalah sebatas pengawasan, regulator, fasilisator, pencarian solusi, dan pengambilan keputusan wanprestasi ataupun perbuatan melanggar hukum yang terjadi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum; Konsumen; Perlindungan; jual Beli Online; Perlindungan Hukum.
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Fitriyatul Muntafiah
Date Deposited: 25 Mar 2021 03:02
Last Modified: 03 Jul 2021 07:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12321

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics