Tinjauan hukum Islam dan hukum positif terhadap tanah wakaf masjid Baitussalam Mororejo kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal

Jati, Ayu Kusuma (2019) Tinjauan hukum Islam dan hukum positif terhadap tanah wakaf masjid Baitussalam Mororejo kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1402036054_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1402036054_Lengkap)
SKRIPSI_1402036054_AYU KUSUMA JATI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Banyaknya pembangunan perumahan yang terjadi baik di kota ataupun di daerah yang membuat pada pengembang sering melakukan transaksi tukar menukar atau dalam Hukum Islam disebut dengan istilah istibdal tanah agar perumahan yang sedang dibangun bisa segera dikerjakan atau hanya untuk memperluas kompleks perumahan. Terkadang proses tukar menukar ini dilakukan dengan objek tanah wakaf yang sudah terbengkalai atau tidak bisa berproduksi lagi dengan faktor lahan sudah tidak ada atau memang tanah wakaf tersebut berada disekitaran tanah pembangunan perumahan. Hal ini terjadi di Desa KrajanKulon Kaliwungu dimana ada tanah wakaf milik Masjid Baitussalam Mororejo Kaliwungu akan ditukar oleh PT. Cahaya 3 Berlian dengan tanah yang lebih baik dan tujuan lainnya untuk kepentingan perluasan perumahan yang sedang dibangun. Berdasarkan masalah diatas ada beberapa masalah yang dirumuskan yaitu: 1) bagaimana transaksi tukar menukar tanah wakaf di Desa KrajanKulon Kaliwungu, 2) bagaimana pandangan Hukum Islam dan Hukum Positif di Indonesia mengenai tukar menukar tanah wakaf.
Skripsi ini menggunakan jenis penelitian normatif-empiris yaitu yaitu penemuan kasus Hukum untuk menyelesaikannya dengan melihat kenyataan yang ada di dalam masyarakat. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pendekatan yuridis-empiris yaitu peneliti dengan menggunakan pendekatan menganalisis permasalahan dilakukan dengan cara memadukan bahan-bahan hukum yang berupa data sekunder dengan data primer yang diperloleh dilapangan.Transaksi tukar menukar tanah wakaf yang umum terjadi biasanya dilakukan hanya pihak penukar dan pihak yang ditukar yang dalam transaksinya ada barang pengganti harta wakaf. Menurut perspektif Hukum Islam transaksi tukar menukar tanah wakaf tersebut sah berdasarkan syaratnya tidak mengandung unsur merusak manfaat harta wakaf tersebut dan adanya uang tunai dalam transaksi ini digunakan sebagai alat tukar dan sebagai ganti dari tanah wakaf tersebut dan penyerahan uang ini disebut dengan akad wakalah, dimana penggurus Masjid Baitussalam Mororejo sebagai wakil dari PT. Cahaya 3 Berlian Kaliwung untuk membeli tanah pengganti. Menurut penulis sudah sesuai dengan syarat berdasarkan pendapat 4 Mazhab dengan tujuan demi kemaslahatan dan tidak adanya unsur merusak dan menipuan dalam proses transaksi tukar menukar (istibdal) dinyatakan diperbolehkan. Syarat akad pun sudah terpenuhi sesuai dengan Hukum Islam, adanya pelaku, sighat, objek dan tujuan dari akad istibdal. Sedangkan menurut perspektif Hukum Positif, diperbolehkan adanya tukar menukar (istibdal) tanah wakaf apabila ketentuan perubahan status harta wakaf terdapat pada Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2006 Tentang Wakaf pada Pasal 41 dan juga pada Peraturan BWI Nomor 1 Tahun 2008 Tentang Ruislag dan dengan terpenuhinya syarat sah dan ketentuan yang berlaku. Maka, tukar menukar tanah wakaf tersebut juga telah memenuhi ketentuan bahwa digunakan untuk kepentingan (RTUR) serta dalam pelaksaannya telah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2006 dan Peratusan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2018.
Kata Kunci : Istibdal, Wakaf, Hukum Islam, Hukum Positif

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Istibdal; Wakaf; Tanah wakaf; Hukum Islam; Hukum Positif
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Nurul Arifah
Date Deposited: 24 Mar 2021 08:41
Last Modified: 24 Mar 2021 08:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12322

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics