Analisis hasil rukyat dan kesaksian non muslim dalam persepektif fiqh hisab rukyat : studi kasus pengamatan Thierry Legault di Indonesia dengan astrofotografi

Al Ghifari, Abu Dzar (2019) Analisis hasil rukyat dan kesaksian non muslim dalam persepektif fiqh hisab rukyat : studi kasus pengamatan Thierry Legault di Indonesia dengan astrofotografi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1402046003_ABU DZAR AL GHIFARI]
Preview
Text (SKRIPSI_1402046003_ABU DZAR AL GHIFARI)
SKRIPSI_1402046003_ABU DZAR AL GHIFARI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang status saksi dan hasil rukyat non muslim perspektif fiqh hisab rukyat. Momen datangnya seorang astronom, Thierry Legault, ke Indonesia dalam rangka Workshop Astrofotografi pada tanggal 26-28 April 2014 di Surabaya, merupakan fokus dalam penelitian ini. Pria berkebangsaan Perancis ini melakukan rukyat dengan bantuan astrofotografi. Satu hal yang menarik adalah Ia tidak beragama Islam alias non muslim, sedangkan salah satu syarat diterimanya kesaksian dalam melihat Hilāl adalah dengan bersyahadat. Hal ini yang menjadi masalah penting untuk dikaji dengan sudut pandang fiqh hisab rukyat.
Fokus permasalahan yang akan dikaji oleh penulis adalah : 1) Bagaimana hasil rukyat dan kesaksian Thierry Legault dalam perspektif fiqh hisab rukyat, dan 2) Bagaimana dasar hukum penerimaan atau penolakan hasil rukyat dan kesaksian Thierry Legault dalam perspektif fiqh hisab rukyat.
Penelitian bersifat kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka atau library research. Jenis penelitian ini tergolong kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan historis. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan studi kepustakaan. Teknik yang penulis gunakan dalam penelitian yaitu penelitian perpustakaan (library research), maka sudah dapat dipastikan bahwa datadatayang dibutuhkan adalah dokumen, yang berupa data-data yang diperoleh dari perpustakaan melalui penelusuran terhadap buku-buku literatur, baik yang bersifat primer atau pun yang bersifat sekunder.
Penelitian yang dilakukan oleh penulis menunjukkan bahwa: (1) Hasil rukyat dan kesaksian non muslim menurut fiqh hisab rukyat diterima berdasarkan tiga alasan. Pertama, dari segi jenis ibadahnya rukyat ini bersifat ta’aqquli – ma’qul al-ma’na, yang berarti dapat dirasionalkan, diperluas dan dikembangkan. Kedua, hadis yang menjadi landasannya dhoīf alias tidak shahīh. Ketiga, karena kebutuhan yang mendesak maka sifat darurat ini dapat menjadi alasan diterimanya kesaksian dan hasil rukyat non muslim. (2) Kesaksian dan hasil rukyat non muslim tetap dapat diterima berdasarkan hadis dari Ibnu Abbas, karena andai pun hadis yang menjadi dasar itu shohīh maka penulis menyimpulkan bahwa pengucapan syahādat itu dapat diartikan sebagai alat bukti, karena pada zaman itu tidak ada media yang bisa membuktikan seseorang melihat Hilāl. Umat Islam pada masa itu juga berhati-hati di tengah konflik dengan kaum kāfir, karena dikhawatirkan menerima kabar bohong. Bila melihat konteks masa sekarang sudah banyak sekali media yang dapat dijadikan alat bukti, seperti foto atau video, bahkan keaslian sebuah foto dan video juga sudah bisa dianalisa, maka syahādah tidak berfungsi sebagai syarat sahnya kesaksian, namun hanya sebagai alat bukti penguat.
Kata kunci : Saksi, Hasil rukyat, Non Muslim, Fiqh Hisab Rukyat

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesaksian; Rukyat; Non Muslim; Fiqh; Hisab; Thierry Legault; Astrofotografi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Alvian Dani Oze
Date Deposited: 25 Mar 2021 03:48
Last Modified: 21 May 2021 06:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12324

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics