Analisis penggunaan jam bencet untuk menentukan awal waktu salat zuhur : studi kasus Masjid Baitul Aziz desa Hadiwarno Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus

Syarif, Chilman (2019) Analisis penggunaan jam bencet untuk menentukan awal waktu salat zuhur : studi kasus Masjid Baitul Aziz desa Hadiwarno Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1402046007_CHILMAN SYARIF]
Preview
Text (SKRIPSI_1402046007_CHILMAN SYARIF)
SKRIPSI_1402046007_CHILMAN SYARIF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik hisab dan rukyat kaitannya dengan penentuan awal waktu salat tidak boleh dijalankan sembarang waktu tanpa adanya alasan yang dibenarkan oleh syara’. Penentuan waktu salat dengan metode rukyat dapat menggunakan instrumen falak, seperti jam bencet. Diantara metode tersebut, penulis mengkaji jam bencet di Masjid Baitul Aziz Hadiwarno Mejobo Kudus. Daya tarik dari jam bencet ini adalah bentuknya yang sangat simpel karena jam bencet ini hanya terdiri dari penyangga yang terbuat dari beton; bidang dial yang melingkar dengan garis tengah yang mengarah ke utara dan selatan sejati; dan gnomon yang tegak lurus dengan bidang dial serta jam bencet ini sangat bersejarah karena telah ada sejak zaman Walisongo.
Fokus permasalahan yang akan dikaji oleh penulis adalah : 1) Bagaimana metode penggunaan jam bencet dalam penentuan awal waktu salat Zuhur di Masjid Baitul Aziz Hadiwarno Mejobo Kudus, dan 2) Bagaimana tingkat akurasi jam bencet di Masjid Baitul Aziz Hadiwarno Mejobo Kudus sebagai penunjuk waktu salat Zuhur.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif, karena penelitian ini lebih mengarah kepada pengambilan data - data lapangan saat waktu Zuhur. Maka dari itu peneliti melakukan observasi di Masjid Baitul Aziz Hadiwarno Mejobo Kudus sebagai upaya pencarian data dan peneliti jadikan sumber data primer. Lalu dilengkapi juga dengan data-data sekunder. Adapun analisis yang peneliti gunakan adalah deskriptif analisis, yaitu untuk menjelaskan data-data observasi maupun dari buku-buku tentang jam bencet agar mendapatkan sebuah kesimpulan. Peneliti juga menggunakan analisis
verifikatif analisis untuk membuktikan tentang metode penggunaan. Selanjutnya melakukan verifikasi data yang diperoleh dari lapangan dengan menggunakan data yang diperoleh dari Software Win Hisab guna mengetahui kesesuaian antara kedua data tersebut dan mengetahui keakuratan dari jam bencet tersebut.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jam bencet di Masjid Baitul Aziz Hadiwarno Mejobo Kudus digunakan untuk menentukan waktu istiwa’. Setelah itu ditransformasikan ke jam dinding dengan penyettingan jarum jam diputar ke angka jam 12 yang merupakan permulaan waktu jam 12 istiwa’. Adapun dalam penentuan awal waktu salat Zuhur, Masjid Baitul Aziz Hadiwarno Mejobo Kudus menggunakan ikhtiyat 4 menit. Jam dinding istiwa’ Masjid Baitul Aziz Hadiwarno Mejobo Kudus cukup akurat dengan selisih 1 menit ketika dikomparasikan dengan jadwal waktu salat ephemeris dari Kemenag, dengan catatan setiap 4 hari sekali harus dikalibrasi untuk menjaga keakurasian jam dinding istiwa’.
Kata kunci : Waktu Salat, Penentuan Waktu Salat Zuhur, Jam Bencet, Masjid Baitul Aziz Hadiwarno

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Waktu Salat; Salat Zuhur; Jam Bencet
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Alvian Dani Oze
Date Deposited: 25 Mar 2021 04:11
Last Modified: 05 Jul 2021 03:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12327

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics