Pendidikan agama Islam dalam keluarga peternak bebek : studi kasus di Desa Pakijangan Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes

Arifiah, Dheanda Abshorina (2019) Pendidikan agama Islam dalam keluarga peternak bebek : studi kasus di Desa Pakijangan Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1503016010_DHEANDA_ABSHORINA_ARIFIAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1503016010_DHEANDA_ABSHORINA_ARIFIAH)
skripsi_1503016010_dheanda abshorina arifiah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendidikan Agama Islam dalam keluarga peternak bebek, dengan kondisi pendidikan yang minim dan memiliki keterbatasan dalam memberikan pendidikan Agama Islam kepada anak, adanya fenomena anak-anak dari peternak bebek yang kurang baik dalam berbicara maupun bersikap sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pendidikan Agama Islam dalam keluarga peternak bebek yang berada di Desa Pakijangan Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pendidikan Agama yang diterapkan oleh Keluarga peternak bebek di Desa Pakijangan Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes.
Metode penelitian yang digunakan adalah jenis deskriptif kualitatif, dimana penulis membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat dengan kata-kata mengenai fakta-fakta atau fenomena yang di selidiki. Yang didapatkan berdasarkan teknik pengumpulan data berupa hasil observasi, wawancara, serta studi dokumentasi. Kemudian di analisis dalam bentuk uraian deskriptif.
Dari hasil penellitian diperoleh sebuah kesimpulan bahwa materi yang diterapkan dari masing-masing keluarga merupakan materi-materi dasar, yang meliputi keimanan dan ketauhidan, materi ibadah, dan mataeri Akhlakul Karimah. Selain itu, metode-metode yang digunakan oleh setiap keluarga sangat bervariasi, hal itu bisa ditentukan oleh latar belakang keluarga tersebut sehingga memiliki pola asuh yang diyakini bisa tepat dalam memberikan Pendidikan Agama Islam pada anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Keluarga; Peternak bebek
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture > 636 Animal husbandry
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fatma Hani Khulaidah
Date Deposited: 25 Mar 2021 03:20
Last Modified: 25 Mar 2021 03:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12333

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics