Analisis hadis riwayat Al-Turmudzi tentang metode pembelajaran

Saidah, Rifatul (2019) Analisis hadis riwayat Al-Turmudzi tentang metode pembelajaran. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1503016057_RIFATUL_SAIDAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1503016057_RIFATUL_SAIDAH)
skripsi_1503016057_rifatul saidah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi antara peserta didik dan pendidik yang menggunakan media dan metode tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pemilihan metode terkait langsung dengan usaha guru dalam menampilkan pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi, sehingga pencapaian tujuan pembelajaran diperoleh secara optimal. Semakin tepat metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar akan semakin efektif kegiatan pembelajaran
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Apa yang dimaksud dengan metode pembelajaran? (2). Bagaimana deskripsi hadis riwayat al-Turmudzi tentang metode pembelajaran? (3) Bagaimana analisis hadis riwayat al-Turmudzi tentang metode pembelajaran?
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: penjelasan metode pembelajaran, hal-hal yang terkait didalamnya, untuk mengetahui deskripsi hadis riwayat al-Turmudzi serta macam-macam metode pembelajaran yang terdapat dalam hadis tersebut. Permasalahan dibahas dengan metode kepustakaan (library research), metode datanya yakni dengan teknik dokumentasi. Data diperoleh dari kitab-kitab hadis beserta syarahnya, kitab yang relevan dan buku-buku pendidikan ataupun buku pendidikan Islam. Selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif.
Dari hasil penelitian, hadis riwayat al-Turmudzi tentang metode pembelajaran jika ditinjau dari segi kualitas dapat dinilai mempunyai kualitas sahih li-zatihi, dikarenakan sanad dan matannya berkualitas sahih. Kemudian hasil analisis kandungan hadis menerangkan bahwa dalam mengajarkan suatu ilmu Rasulullah menggunakan beberapa metode yang bermacam-macam agar para shahabat tidak merasa bosan. Berdasarkan Hadis riwayat al-Turmudzi terdapat tiga macam metode yaitu (1). Metode Demonstrasi (2). Metode Perumpamaan (3). Metode Drill. Penggunaan metode yang bermacam-macam agar kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien.
Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi pengembangan khasanah ilmu pengetahuan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo khususnya tentang penggunaan metode pembelajaran serta dapat menjadi bahan masukan bagi para pendidik dalam menentukan metode pembelajaran yang tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hadis Nabi; Metode; pembelajaran; Turmudzi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.125 Hadits
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fatma Hani Khulaidah
Date Deposited: 25 Mar 2021 06:50
Last Modified: 25 Mar 2021 06:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12351

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics