Kriteria imkān al-ru'yah menurut pandangan KH. Muhammad Yahya di Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat

Taufik, Ayi Muhammad (2019) Kriteria imkān al-ru'yah menurut pandangan KH. Muhammad Yahya di Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1402046040_AYI_MUHAMMAD_TAUFIK]
Preview
Text (SKRIPSI_1402046040_AYI_MUHAMMAD_TAUFIK)
SKRIPSI_1402046040_AYI MUHAMMAD TAUFIK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berangkat dari banyaknya para ilmuan dan tokoh astronomi yang menyeruakan bahwa kriteria yang digunakan saat ini belum sepenuhnya mengikuti kriteria secara astronomi. Penelitian dengan judul “Kriteria Imkān al- Ru’yah Menurut Pemikiran KH. Muhammad Yahya Di Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat” merupakan penelitian tentang kirteria metode imkān al-ru’yah di POB Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat dilihat dari kaca mata perukyat,
dengan rumusan masalah bagaimana latar belakang pemikiran KH. Muhammad Yahya tentang imkān al-ru’yah di Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat dan bagaimana kriteria imkān al-ru’yah menurut pemikiran KH. Muhammad Yahya di Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui latar belakang pandangan KH. Muhammad Yahya tentang imkān al-ru’yah dan tingkat akurasi keberhasilan rukyat hilal di POB Pelabuhan Ratu.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik interview atau wawancara. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer yang didapat dari narasumber KH. Muhammad Yahya dengan melakukan wawancara, dan data sekunder yang diambil dari, buku Puasa & Problematika Awal Bulan, serta seluruh dokumen berupa buku, jurnal, dan karya tulis ilmiyah yang berkaitan dengan obyek penelitian. Teknik analisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, penulis memperoleh beberapa kesimpulan yang pertama, metode imkān al-ru’yah termasuk metode rukyat al-hilal bi al-fi`li muaqayyad bukan sebagai metode hisab karena keputusan penentuan awal bulan Hijriah melalui hasil rukyat yang sesuai kriteria imkān al-ru’yah. Kedua kriteria imkān al-ru’yah di POB Pelabuhan Ratu Sukabumi masih dalam kategori layak yang didasari keberasilan para perukyat
pada tahun sebelumnya sampai sekarang serta lokasi tempat rukyat di POB Pelabuhan Ratu Sukabumi sudah memenuhi standar oprasional yang telah ditentukan oleh Kementrian Agama RI, dan penggunaan kiteria imkān al-ru’yah tidak bertentangan dengan hukum syar`i.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kriteria imkān al-ru’yah; Pelabuhan Ratu; KH. Muhammad Yahya
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Alvian Dani Oze
Date Deposited: 25 Mar 2021 06:51
Last Modified: 25 Mar 2021 06:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12357

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics