Studi analisis hisab awal bulan Kamariah dalam kitab Tadzkiratu al-Ikhwan fi Ba'dhi al-Tawarikhi wa al-A'mali al-Falakiyati karya K.H Ahmad Dahlan As-Samarani

Hafiz, Abdul (2018) Studi analisis hisab awal bulan Kamariah dalam kitab Tadzkiratu al-Ikhwan fi Ba'dhi al-Tawarikhi wa al-A'mali al-Falakiyati karya K.H Ahmad Dahlan As-Samarani. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1402046096_ABDUL_HAFIZ]
Preview
Text (SKRIPSI_1402046096_ABDUL_HAFIZ)
SKRIPSI_1402046096_ABDUL_HAFIZ.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kitab falak yang berkembang saat ini tidak terlepas dari kitab dengan metode hisab Taqribi, hakiki bi tahqiq, dan kontemporer. Kitab Tadzkiratu al- Ikhwan fi Ba‟dli Tawarikhi wal „Amali al-Falakiyati adalah kitab yang membahas hisab Taqribi, yaitu sebagai induk dari kitab fathu al-ra‟uf al-manan. Namun, dalam datanya, kitab ini memiliki koreksi hingga satuan di bawah detik, yang pada umumnya, satuan seperti ini digunakan dalam hisab kontemporer. Berbeda halnya dengan kitab fathu al-Ra‟uf al-Manan dan kebanyakan kitab taqribi yang hanya sampai pada satuan menit (daqiqah). Adanya satuan di bawah detik ini tentu berpengaruh pada hasil hisab yang dilakukan.
Kemudian memiliki rumusan masalah, yang pertama yaitu Mengapa menggunakan metode hisab Taqribi di dalam kitab Tadzkiratu al-Ikhwᾱn fῑ Ba‟dli al-Tawᾱrῑkhi wa al-A‟mᾱli al-Falakiyati karya Ahamd Dahlan as-samarani?
Kedua, bagaiamanakah keakuratan kitab tersebut jika dilihat dari prespektif hisab Kontemporer?
Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka dibutuhkan metode penelitian yang bersifat kepustakaan (library research), dengan sumber data primer kitab kitab Tadzkiratu al-Ikhwan fi Ba‟dli Tawarikhi wal „Amali al-
Falakiyati dan hasil wawancara kepada penerus dari pengarang kitab tersebut yaitu K.H Tholhah Ma’ruf. Sedangkan data sekundernya adalah seluruh dokumen berupa buku, tulisan, hasil wawancara, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan obyek penelitian. Data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis) dengan pendekatan deskriptif komparatif.
Temuan dari penelitian ini adalah, kitab Tadzkiratu al-Ikhwan fi Ba‟dli Tawarikhi wal „Amali al-Falakiyati merupakan kitab yang menggunakan hisab Taqribi yang hampir sama dengan kitab Taqribi lainya. Yaitu menggunakan tabel (jadwal) yang diambil dari tabel Ulugh Beyk. Proses hisab juga dita‟dil dengan ta‟dil yang masih sederhana, maka hasilnya pun masih dikatakan kurang akurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hisab; awal bulan; Tadzkiratu al-Ikhwan fi Ba'dhi al-Tawarikhi wa al-A'mali al-Falakiyati; K.H Ahmad Dahlan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Alvian Dani Oze
Date Deposited: 25 Mar 2021 07:30
Last Modified: 25 Mar 2021 07:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12366

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics