Perlindungan hukum bagi pelaku pencurian terhadap tindakan main hakim sendiri : studi kasus di Polsek Kecamatan Ngaliyan

Sholikhah, Siti Dewi (2019) Perlindungan hukum bagi pelaku pencurian terhadap tindakan main hakim sendiri : studi kasus di Polsek Kecamatan Ngaliyan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1502056054_SITI_DEWI_SHOLIKHAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1502056054_SITI_DEWI_SHOLIKHAH)
SKRIPSI_1502056054_SITI DEWI SHOLIKHAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tindakan main hakim sendiri terhadap pelaku pencurian hampir menjadi kebiasaan di Indonesia. Perbuatan sewenang-wenang yang dilakukan oleh masyarakat, sekalipun dia penjahat tetap memiliki Hak asasi yang harus dilindungi. Tindakan main hakim sendiri tentu harus mendapat perhatian dari aparat penegak hukum untuk menertibkan masyarakat. Kasus tindakan main hakim sendiri yang dilakukan oleh masyarakat terhadap pelaku pencurian yang mengakibatkan kematian dan kasus main hakim sendiri yang terjadi di wilayah Ringinsari dan Candi Penataran, namun tidak adanya pelaporan sekaligus penelusuran oleh polsek Ngaliyan sehingga mendorong penulis melakukan penelitian di Ringinsari dan Candi Penataran. Masyarakat seakan-akan geram dengan adanya pencurian yang menjamur di lingkungan mereka sehingga ketika ada pelaku pencurian yang dipergoki masyarakat tidak pikir panjang dan langsung menghabisinya. Dengan latar belakang tersebut maka sangat penting dilakukan penelitian terkait dengan perlindungan hukum bagi pelaku pencurian terhadap tindakan main hakim sendiri.
Dalam skripsi ini penulis akan membahas terkait dengan perlindungan hukum bagi pelaku pencurian terhadap korban main hakim sendiri oleh Polsek Ngaliyan. Kemudian faktor-faktor yang menyebabkan perilaku main hakim sendiri masih sering terjadi di masyarakat. Lalu jenis penelitian ini termasuk kedalam penelitian Non-doctrinal , yang digunakan ialah penelitian yuridis normatif-empiris (socio legalI), melalui pendekatan kualitatif.
Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwasanya perlindungan hukum bagi pelaku pencurian korban main hakim sendiri yang dilakukan oleh pihak Polsek Ngaliyan belum dilakukan secara maksimal. Prosedur pelaksanaan di Candi Penataran yang dilakukan aparat penegak hukum telah sesuai dengan Pasal 170 KUHP tentang penganiayaan. Akan tetapi dari segi substansial terdapat ketidak optimalan di wilayah Ringinsari dalam pengupayaan yang dilakukan oleh polisi sehingga dari kasus pencurian yang dihakimi massa tersebut hanya kasus pencuriannya saja yang diusut untuk kasus pengahakiman massa tidak ada penyelidikan lebih lanjut oleh aparat kepolisian. Faktor yang menjadi penyebab antara lain ketidakpercayaan pada penegak hukum, kurangnya penyuluhan mengenai Undang-Undang No 31 Tahun 2014 tentang perlindungan saksi dan korban, masih adanya kebiasaan yang mengabaikan hak asasi manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perlindungan hukum; Pelaku pencurian; Korban; Main hakim sendiri; Eigentichting
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 345 Criminal law
300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Fitriyatul Muntafiah
Date Deposited: 29 Mar 2021 08:20
Last Modified: 27 Jul 2021 02:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12375

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics