Analisis pemecahan masalah matematika berdasarkan tahapan polya ditinjau dari tingkat adversity quotient Siswa kelas viii e SMP Negeri 31 Semarang tahun pelajaran 2018/2019

Ni'mah, Karomatun (2019) Analisis pemecahan masalah matematika berdasarkan tahapan polya ditinjau dari tingkat adversity quotient Siswa kelas viii e SMP Negeri 31 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_133511105_KAROMATUN NI’MAH] Text (skripsi_133511105_KAROMATUN NI’MAH)
skripsi_133511105_KAROMATUN NI’MAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (704kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pemecahan masalah siswa dengan tingkat AQ climber, camper dan quitter bedasarkan tahapan Polya. Kajian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan siswa dalam menghadapi masalah. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan: bagaimana pemecahan masalah siswa bedasarkan tahapan Polya ditinjau dari tingkat AQ? Sedangkan tujuan penelitian yaitu mengetahui pemecahan masalah siswa bedasarkan tahapan Polya ditinjau dari tingkat AQ. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian diambil dari siswa kelas VIII E SMP Negeri 31 Semarang dengan cara purposive sampling. Subjek penelitian sejumlah Sembilan siswa yang diambil tiga siswa dari masing-masing tingkat AQ. Data penelitian berwujud data tertulis dan lisan. Data tertulis diperoleh dari hasil pekerjaan siswa pada instrumen pemecahan masalah dan instrumen penggolongan tingkat AQ. Data lisan diperoleh dari hasil wawancara subjek. Kemudian data dianalisis dengan teknik reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan bedasarkan indikator pemecahan masalah menurut tahapan Polya.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) siswa tingkat climber mampu dalam memahami masalah, mampu dalam merencanakan rencana pemecahan masalah, mampu dalam melaksanakan pemecahan masalah, dan tidak mampu dalam memeriksa kembali jawaban, (2) siswa tingkat camper mampu dalam memahami masalah, mampu dalam merencanakan rencana pemecahan masalah, tidak mampu dalam melaksanakan pemecahan masalah, dan tidak mampu dalam memeriksa kembali jawaban, dan (4) siswa tingkat quitter mampu dalam memahami masalah, mampu dalam merencanakan rencana pemecahan masalah, tidak mampu dalam melaksanakan pemecahan masalah, dan tidak mampu dalam memeriksa kembali jawaban.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah; Matematika; polya; Tingkat adversity quotient; Siswa
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Zulfiana Nur Adila
Date Deposited: 30 Mar 2021 12:31
Last Modified: 30 Mar 2021 12:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12389

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics