Pembinaan Moral Spiritual Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Jamaah (Studi Analisis Siswa MTs Miftahussa’adah Mijen Semarang)

Endrayani, Endah (2012) Pembinaan Moral Spiritual Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Jamaah (Studi Analisis Siswa MTs Miftahussa’adah Mijen Semarang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
084411006_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
084411006_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
084411006_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
084411006_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
084411006_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
084411006_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
084411006_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (48kB) | Preview

Abstract

Siswa MTS (Madrasah Tsanawiyah)/ SMP (Sekolah Menengah Pertama) umumnya adalah berusia antara 12-16 tahun. Di usia itu, anak-anak MTS/SMP sedang memasuki masa transisi antara masa kanak-kanak dan menjelang dewasa dan juga mulai mengalami masa-masa datangnya pubertas, bahkan ada yang bilang masa ini sampai SMA adalah masa pancaroba yang perlu diwaspadai oleh orang tua dan keluarga. Disinilah pentingnya arti pendidikan serta pengajaran agama, dimana pendidikan agama biasanya diartikan sebagai pendidikan yang materi bahasanya berkaitan dengan keimanan, ketakwaan, akhlak dan ibadah kepada Tuhan. Dengan demikian pendidikan agama berkaitan dengan pembinaan moral-spiritual yang selanjutnya dapat mendasari tingkah laku manusia dalam berbagai bidang kehidupan. Pendidikan agama tidak terlepas dari upaya menanamkan nilai-nilai serta unsur agama pada jiwa seseorang. Dalam kaitan ini, MTS Miftahussa’adah yang beralamat di jalan Kauman kelurahan Wonopolo kecamatan Mijen Semarang mengadakan pembiasaan shalat berjamaah di sekolah sebagai upaya untuk pembinaan moral spiritual siswa. Ada dua masalah yang diangkat dalam penelitian ini, Pertama, bagaimana pelaksanaan shalat berjamaah di MTS Miftahussa’adah Mijen Semarang? Kedua, Bagaimana dampak pembiasaan shalat berjamaah dalam pembinaan moral spiritual siswa di MTS Miftahussa’adah Mijen Semarang? Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, lalu dianalisis secara deskriptif-kualitatif. Penelitian ini menemukan beberapa hal, pertama program pembiasaan shalat berjamaah ini dimulai dengan pembelajaran wudhu dan shalat dengan baik dan benar. Shalat yang dilaksanakan secara berjamah yaitu shalat Dhuha, shalat Dhuhur, shalat Jum’at dan shalat Ashar. Kedua, Pelaksanaan pembiasaan shalat berjamaah yang dilakukan di MTS Miftahussa’adah Mijen Semarang telah memberikan dampak terhadap Allah SWT (hablu mina Allah) dan hubungan siswa dengan masyarakat di sekitar, baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah (hablu mina annas). Dari segi hubungan vertikal (hablu mina Allah), shalat jamaah merupakan satu bentuk amal ibadah untuk mengingat Allah Swt. sebagai penciptanya yang wajib disembah. Melalui shalat jamaah akan menumbuhkan sifat optimis (kepastian) pada diri siswa dan menyadarkannya bahwa dia tidak sendirian. Dia pun meyakini bahwa Allah Swt. senantiasa dekat dengannya. Jadi, mereka menjadi sadar bahwa semua kegiatan atau perbuatannya selalu diawasi oleh Allah Swt. Dampak pembiasaan shalat berjamaah terhadap pembinaan moral spiritual terhadap sesama manusia di MTS Miftahussa’adah Mijen Semarang antara lain siswa mampu menerapkan beberapa sikap atau akhlak terpuji terhadap sesama manusia, yaitu rasa persaudaraan yang diaplikasikan melalui silaturrahmi, sopan santun terhadap setiap orang, bersikap jujur, baik perkataan maupun perbuatan, begitu pula kedisiplinannya meningkat dari tahun ke tahun

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Moral Spiritual; Siswa; Shalat Jamaah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 30 Dec 2013 03:34
Last Modified: 30 Dec 2013 03:34
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1242

Actions (login required)

View Item View Item