Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik MTS Ma’haduttholabah dalam menyelesaikan permasalahan perbandingan kelas VII J ditinjau dari gaya belajar tipe investigatif (holland)

Azizah, Ulfa (2019) Analisis kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik MTS Ma’haduttholabah dalam menyelesaikan permasalahan perbandingan kelas VII J ditinjau dari gaya belajar tipe investigatif (holland). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1503056015_Ulfa Azizah]
Preview
Text (Skripsi_1503056015_Ulfa Azizah)
Skripsi_1503056015_Ulfa Azizah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya tuntukan kepada peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir khususnya kemampuan berpikir tingkat tinggi pada kurikulum 2013, Hal ini dikarenakan kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu tahapan berpikir yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari dan setiap peserta didik juga harus diarahkan agar memiliki pola berpikir tingkat tinggi. Namun pada parktiknya di MTs Ma’hadutholabah masih ada beberapa peserta didik yang merasa kesulitan dalam menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi suatu masalah, sehingga menghambat dalam meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pencapaian kemampuan berpikir tingkat tinggi khususnya pada
materi perbandingan yang ditinjau dari gaya belajar Investigatif menurut John Holland. Gaya belajar Investigatif memiliki kecenderungan berpikir lebih tinggi dibanding gaya belajar yang lain sehingga akan dilihat apakah peserta didik yang bergaya belajar Investigatif memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak semua peserta didik MTs Ma’hadutholabah yang bergaya belajar Investigativ memiliki kemampuan berpikir yang tinggi, dari 3 peserta didik hanya satu yang mampu mencapai tahap mengevaluasi dimana tarafnya pun masih sedang atau cukup. Sedangkan untuk dua peserta didik lainnya yaitu peserta didik P-02 dan P-03 masih dalam taraf rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir; Gaya Belajar; Matematika; Investigatif; Holland
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Zulfiana Nur Adila
Date Deposited: 31 Mar 2021 12:10
Last Modified: 31 Mar 2021 12:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12426

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics