Analisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi barisan ditinjau dari adversity quotient kelas XI SMA Kesatrian 1 Semarang tahun ajaran 2018/2019.

Chabibah, Linda Nur (2019) Analisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi barisan ditinjau dari adversity quotient kelas XI SMA Kesatrian 1 Semarang tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1503056090_Linda Nur Chabibah]
Preview
Text (skripsi_1503056090_Linda Nur Chabibah)
skripsi_1503056090_Linda Nur Chabibah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh betapa pentingnya kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika. Proses kemampuan pemecahan masalah memiliki 4 indikator yaitu (1) mengidentifikasi masalah, (2) merumuskan masalah, (3) melaksanakan strategi dan (4) memverifikasi solusi. Kemampuan pemecahan masalah dapat dilatih dengan memberikan soal cerita secara intensif khususnya materi Barisan. Salah satu faktor yang memengaruhi kemampuan pemecahan masalah adalah Adversity Quotient (AQ).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika khususnya materi barisan ditinjau dari AQ pada peserta didik kelas XI SMA Kesatrian 1 Semarang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 1 yang berjumlah 30 peserta didik. Kemudian diambil 6 subjek wawancara yang terdiri dari 2 peserta didik pada masing-masing tipe AQ yaitu Climber, Camper dan Quitter. Pengelompokan didasarkan pada pengisian angket ARP oleh subjek penelitian.
Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa peserta didik bertipe Climber mampu memenuhi seluruh
indikator dari 4 indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu indikator 1, 2, 3 dan 4. Peserta didik bertipe Camper mampu memenuhi 3 dari 4 indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu indikator 1, 2 dan 3. Peserta didik bertipe Quitter menunjukkan bahwa mereka hanya mampu memenuhi 1 indikator kemampuan pemecahan masalah yaitu indikator 2.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah; Soal Cerita; Adversity Quotient; Pendidikan Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Zulfiana Nur Adila
Date Deposited: 01 Apr 2021 11:20
Last Modified: 08 Nov 2022 02:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12462

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics