Manajemen kurikulum literasi dalam mengembangkan kemampuan jurnalistik di Pondok Pesantren Darul Falah Besongo Semarang

Arifah, Afifatul (2019) Manajemen kurikulum literasi dalam mengembangkan kemampuan jurnalistik di Pondok Pesantren Darul Falah Besongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1503036110_Afifatul Arifah]
Preview
Text (Skripsi_1503036110_Afifatul Arifah)
Skripsi_1503036110_Afifatul Arifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang manajemen kurikulum literasi dalam mengembangkan kemampuan jurnalistik. Kajian skripsi ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya pondok pesantren yang belum menerapkan kegiatan pelatihan kegiatan jurnalistik guna menjawab tantangan hidup. Sehingga dilaksanakannya program kurikulum literasi yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi agar dapat meningkatkan potensi para santri terlebih untuk mengembangkan keilmuannya melalui media sosial yang kemudian diaplikasikan secara praktis didalam kehidupan sosial masyarakat. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab permasalah tentang (1) Bagaimana Manajemen Kurikulum Literasi Dalam Mengembangkan Kemampuan Jurnalistik Di Pondok Pesantren Darul Falah Besongo Semarang. (2) Bagaimana Implikasi Manajemen Kurikulum Literasi Dalam Mengembangkan Kemampuan Jurnalistik Di Pondok Pesantren Darul Falah Besongo Semarang.
Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi data yang telah diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian data dan Conclusion Drawing and Verification.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) memiliki tujuan, agar santri memiliki kemampuan menulis, menentukan program, sistem, dan strategi pembelajaran. Kemudian pengorganisasian untuk koordinasi dengan para pengajar, pelaksanaan, dan menentukan bahan materi. Selanjutnya pelaksanaan dengan metode dan strategi. Yang terakhir kegiatan evaluasi. (2) dari adanya kurikulum literasi tersebut santri mampu mengaplikasikan karya tulisanya melalui media sosial seperti: media cetak dan media online.
Sebaiknya, pondok pesantren darul falah besongo Semarang membagi kelas yang penuh menjadi beberapa kelas agar pembelajaran kegiatan jurnalistik bisa berlangsung secara efektif, demi mewujudkan tujuan pondok pesantren darul falah besongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum Literasi; Keberaksaraan; skill membaca
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Hilda Khafizhatul Khusna
Date Deposited: 03 Apr 2021 08:30
Last Modified: 03 Apr 2021 08:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12471

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics