Teologi hospitality dalam ajaran Islam: studi kasus pada remaja karang taruna Desa Pahang Asri Kecamatan Buay Pemuka Peliung Kabupaten Oku Timur Propinsi Sumatera-Selatan

Khodijah, Isrokhi (2019) Teologi hospitality dalam ajaran Islam: studi kasus pada remaja karang taruna Desa Pahang Asri Kecamatan Buay Pemuka Peliung Kabupaten Oku Timur Propinsi Sumatera-Selatan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1404016001_Isrokhi Khodijah]
Preview
Text (skripsi_1404016001_Isrokhi Khodijah)
skripsi_1404016001_Isrokhi Khodijah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul "Teologi Hospitality dalam Ajaran Islam (Studi Kasus pada Remaja Karang Taruna Desa Pahang Asri Kecamatan Buay Pemuka Peliung Kabupatan OKU Timur Propinsi Sumatera-Selatan)". Rumusan masalah penelitian adalah (1) bagaimana bentuk implementasi teologi hospitality menurut ajaran Islam oleh remaja karang taruna Desa Pahang Asri Kecamatan Buay Pemuka Peliung Kabupaten OKU Timur Provinsi Sumatera Selatan?, (2) Bagaimana faktor pendorong dan faktor penghambat implementasi teologi hospitality menurut ajaran Islam oleh remaja karang taruna Desa Pahang Asri Kecamatan Buay Pemuka Peliung Kabupaten OKU Timur Provinsi Sumatera Selatan?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai permasalahan dalam implementasi teologi hospitality menurut ajaran Islam oleh remaja karang taruna Desa Pahang Asri Kecamatan Buay Pemuka Peliung Kabupaten OKU Timur Provinsi Sumatera Selatan.
Metode penelitian ini dilihat dari data serta teknik analisis data yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan penelitian studi kasus adalah suatu pendekatan untuk meneliti fenomena sosial melalui analisis kasus individual secara lengkap dan teliti, serta memberikan suatu analisis yang intensif dari banyak rincian khusus yang sering terlewatkan oleh metode penelitian lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk implementasi teologi hospitality menurut ajaran Islam oleh remaja karang taruna Desa Pahang Asri Kecamatan Buay Pemuka Peliung Kabupaten OKU Timur Provinsi Sumatera Selatan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk implementasi teologi hospitality menurut ajaran Islam oleh remaja karang taruna desa Pahang Asri Kecamatan Buay Pemuka Peliung Kabupaten OKU Timur Provinsi Sumatera Selatan telah berjalan dengan baik yang ditandai dengan berbagai interaksi dan kontak sosial yang mereka lakukan dalam kehidupan keseharian dengan berbagai bentuk seperti kegiatan gotong royong dan hubungan lainnya. Implementasi teologi hospitality remaja karang taruna desa Pahang Asri dilaksanakan berdasarkan ajaran-ajaran agama Islam mengingat mayoritas anggota karang taruna desa Pahang Asri adalah beragama Islam. Adapun konsep teologi hospitality menurut ajaran Islam yang telah dilaksanakan oleh remaja karang taruna desa Pahang Asri adalah konsep ajaran keramahtamahan dalam Islam, ajaran tentang toleransi, ajaran tentang tolong menolong, serta ajaran dalam kerukunan antar umat beragama. Faktor pendorong implementasi teologi hospitality menurut ajaran Islam oleh remaja karang taruna Desa Pahang Asri Kecamatan Buay Pemuka Peliung Kabupaten OKU Timur Provinsi Sumatera Selatan adalah satu ikatan tempat tinggal, satu ikatan aturan atau norma, dan adanya rasa saling menghargai dan menghormati antar umat beragama. Faktor penghambat implementasi teologi hospitality menurut ajaran Islam oleh remaja karang taruna Desa Pahang Asri adalah adanya tantangan pluralisme dimasa mendatang yang dapat memunculkan rivalitas antar anggota karang taruna yang berbeda agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Teologi Hospitality; Ajaran Islam; Remaja Karang Taruna; Sosiologi Agama; Islam dan Masyarakat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 204 Religious experiences, life, practice
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Zulfiana Nur Adila
Date Deposited: 03 Apr 2021 08:36
Last Modified: 13 Jun 2021 04:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12472

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics