Penetapan bagi hasil akad mudharabah pada tabungan sirela di KSP Bina Muamalat Walisongo Semarang

Evilia, Evilia (2019) Penetapan bagi hasil akad mudharabah pada tabungan sirela di KSP Bina Muamalat Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605015088_Lengkap]
Preview
Text (Skripsi_1605015088_Lengkap)
skripsi_1605015088_Evilia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Bina Muamalat Walisongo (KSPPS Bina Muamalat Walisongo Semarang) adalah lembaga keuangan berbadan hukum koperasi yang bergerak dibidang jasa keuangan syariah, yaitu melayani anggota dan calon anggota akan kebutuhan produk pendanaan dan pembiayaan syariah dengan mengacu pada proses pembangunan ekonomi kerakyatan. Penelitian ini dilatar belakangi adanya produk di KSPPS Bina Muamalat Walisongo Semarang yang banyak diminati oleh masyarakat yaitu SIRELA (Simpanan Sukarela Lancar) yang menggunakan akad mudharabah oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem dan prosedur tabungan Sirela (Simpanan Sukarela Lancar), bagaimana konsep dasar bagi hasil akad mudharabah pada tabungan sirela,faktor yang mempengaruhi penetapan bagi hasil akad mudharabah pada tabungan sirela(Simpanan Sukarela Lancar). Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami Penetapan Bagi Hasil Akad Mudharabah pada Tabungan Sirela di KSPPS Bina Muamalat Walisongo Semarang dan untum mengetahui faktor yang mempengaruhi Penetapan Bagi Hasil Akad Mudharabah pada Tabungan Sirela di KSPPS Bina Muamalat Walisongo Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang tidak memerlukan pengetahuan mendalam akad literature yang digunakan dan kemampuan tertentu dari pihak peneliti. Dan penelitian lapangan ini yang di buat oleh peneliti selama proses pengumpulan data atau proses pengumpulan data di lapangan. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat bagi hasil tabungan ada di koperasi itu sesuai dengan
ix
pendapatan kantor KSPPS Bina Muamalat Walisongo Semarang setiap bulanya pendapatan selama satu bulan nya itu yang bisa dibagikan, kalau semakin tinggi penghasilan atau pendapatan yang di dapat KSPPS Bina Muamalat Walisongo Semarang maka semakin besar bagi hasilnya juga yang di bagi ke anggota dan sebaliknya jika pendapatan kantor KSPPS Bina Muamalat Walisongo Semarang setiap bulanya semakin rendah penghasilan atau pendapatan yang di bagi hasilnya KSPPS Bina Muamalat Walisongo Semarang maka semakin rendah pula yang di bagi ke anggota.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problematika, Bagi Hasil; Akad Mudharabah; Tabungan Sirela
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Reihana Zulfa
Date Deposited: 07 Apr 2021 04:01
Last Modified: 05 Jun 2021 02:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12494

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics