Relevansi prinsip-prinsip belajar menurut Syaikh Az-zarnuji dalam kitab ta'lim al-muta'allim dengan prinsip-prinsip belajar modern

Hilyatunnisa', Syifa (2019) Relevansi prinsip-prinsip belajar menurut Syaikh Az-zarnuji dalam kitab ta'lim al-muta'allim dengan prinsip-prinsip belajar modern. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1503016087_Syifa Hilyatunnisa']
Preview
Text (skripsi_1503016087_Syifa Hilyatunnisa')
skripsi_1503016087_Syifa Hilyatunnisa'.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan sebagai suatu sistem terbuka tidak terlepas dari berbagai permasalahan, salah satunya adalah terkait mutu pendidikan. Pokok permasalahan mutu pendidikan lebih terletak pada pemprosesan pendidikan, yaitu proses belajar. Dewasa ini,banyak inovasi atau kebijakan tentang proses belajar dan pembelajaran yang idealisasi nya dapat membentuk peoses belajar yang utuh, baik dari aspek kognitif, afektif, psikomotorik, dan karakter. Akan tetapi, realisasinya, bahwa berbagai praktek belajar dan pembelajaran masih dibawah apa yang diharapkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyikap prisip-prinsip belajar dari warisan intelectual muslim, yaitu Syaikh Az-Zarnuji dalam kitab Ta’lim Al-Muta’allim yang komperhensip holistic. Selanjutnya, penelitian ini juga bertujuan untuk menggali relevansi-relevansi prinsip-prinsip belajar menurut syaikh Az-Zarnuji dalam kitab Ta’lim Al-Muta’allim terhadap pendidikan modern.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif yang merupakan proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) yang didasarkan pada literatur atau pustaka.
Prinsip-prinsip belajar menurut syaikh Az-Zarnuji dalam kitab Ta’lim Al-Muta’allim mempunyai relevansi atau kesesuain dengan prinsip-prinsip belajar pendidikan modern. Relevansi tersebut terletak pada dua hal; pertama, aplikasi prinsip belajar dalam pendidikan modern. Prinsip-prinsip belajar yang terkandung dalam 13 pokok pikiran (fasal) dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim tersebut relefan dengan aplikasi prinsip belajar dalam teori pendidikan modern, yaitu prinsip kesiapan, perhatian dan motivasi, keaktifan, pengulangan, keterlibatan langsung, tantangan, dan perbedaan individual. Prinsip-prinsip belajar meneurut Syaikh Az-Zarnuji dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim memuat berbagai tuntunan belajar yang mempunyai kesesuaian, baik dari segi fungsi atau penerapan prinsip belajar dalam pendidikan modern. Hal tersebut dapat terlihat dari berbagai penjelasan Syaikh Az-Zarnuji terkait beberapa tata cara belajar yang utuh, mulai dari aspek kognitif, afektif, psikomotorik, dan karakter, yang merupakan idealisasi proses belajar dan pembelajaran di era pendidikan modern saat ini. Kedua, implikasi terhadap pembelajaran modern. Letak perbedaan pandangan belajar menurut Syaikh Az-Zarnuji dan para pakar pendidikan modern adalah pada aspek akhlak dan etika. Hal tersebut relefan dengan kondisi atau implikasi terhadap pembelajaran modern, dimana masih banyak implementasi pembelajaran yang hanya memberikan porsi besar pada aspek kognitif, dan nilai-nilai karakter hanya sebagai pelengkap. Oleh karena itu, prinsip-prinsip belajar Syaikh Az-Zarnuji dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim sangat relevan terhadap pendidikan modern.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prinsip-prinsip belajar; kitab Ta’lim al-Muta’allim, pendidikan modern; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Marisatul Aminah
Date Deposited: 07 Apr 2021 04:04
Last Modified: 07 Apr 2021 04:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12496

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics