Peran guru dalam meningkatkan rasa percaya diri anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan bermain aktif di RA Al-Hidayah IAIN Walisongo Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2019

Fauziah, Devi (2019) Peran guru dalam meningkatkan rasa percaya diri anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan bermain aktif di RA Al-Hidayah IAIN Walisongo Ngaliyan Semarang tahun ajaran 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1503016038_Devi Fauziah]
Preview
Text (skripsi_1503016038_Devi Fauziah)
skripsi_1503016038_Devi Fauziah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam meningkatkan rasa percaya diri anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan bermain aktif di RA Al-Hidayah IAIN Walisongo Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas, dan wali murid peserta didik. Untuk keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekknik. Teknik anlisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran yang dapat meningkatkan rasa percaya diri anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan bermain aktif dapat dilakukan menggunakan tahapan yang meliputi sikap menerima, merespon, menghargai dan bertanggung jawab. Kegiatan bermain aktif yaitu bermain konstruktif, bermain bebas atau spontan, bermain drama yang dilakukan di sentra main peran dan sentra balok melalui 4 pijakan yaitu pijakan lingkungan, pijakan sebelum bermain, pijakan saat bermain dan pijakan setelah bermain.
2) Peran guru dalam meningkatkan rasa percaya diri anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan bermain aktif yaitu guru sebagai perencana, pengamat, model, fasilitator, elabolator dan evaluator, mediator, inspirator, dan inisiator. Peran guru yang paling utama adalah peran guru sebagai model atau panutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Guru; Percaya Diri; Bermain Aktif, Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Zulfiana Nur Adila
Date Deposited: 07 Apr 2021 04:09
Last Modified: 22 May 2021 06:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12498

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics