Nilai-nilai toleransi beragama dalam buku ajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti tingkat SMA/SMK kelas XI kurikulum 2013 revisi 2017 karya Mustahdi dan Mustakim

Nastiti, Sarwi (2019) Nilai-nilai toleransi beragama dalam buku ajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti tingkat SMA/SMK kelas XI kurikulum 2013 revisi 2017 karya Mustahdi dan Mustakim. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1503016113_Sarwi Nastiti]
Preview
Text (skripsi_1503016113_Sarwi Nastiti)
skripsi_1503016113_Sarwi Nastiti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia mempunyai banyak keberagaman yang menuntut masyarakat Indonesia agar bisa menghargai perbedaan dengan mengenal satu sama lain. Pengembangan toleransi beragama merupakan salah satu cara untuk penanaman sikap toleransi. Pendidikan berbasis karakter dapat menjadi bekal siswa dalam menghadapi perkembangan era globalisasi sejak dini. Dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI kurikulum 2013 revisi 2017 karya Mustahdi dan Mustakim membahas tentang toleransi antar umat beragama sebagai alat pemersatu bangsa. Dengan bertoleransi masyarakat khususnya siswa dapat memahami arti perbedaan dan mampu menghargai sesama manusia walaupun beda agama. Tujuan pembelajaran materi toleransi ini agar siswa dapat bertoleransi dan menghargai perbedaan, serta membentuk peserta didik yang berkarakter baik, dan dapat menghindari tindak kekerasan. Karena tidak kekerasan bermula dari pemahaman atau keyakinan yang berbeda. Sekarang banyak sekali masalah-masalah yang terjadi di lingkungan sekolah.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan : 1) Apa saja nilai-nilai toleransi beragama dalam buku ajar P AI dan Budi Pekerti tingkat SMA/SMK kelas XI kurikulum 2013 revisi 2017 karya Mustahdi dan Mustakim? Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif, yang menganalisis isi materi buku ajar PAI dan budi pekerti tingkat SMA/SMK kelas XI kurikulum 2013 revisi 2017 karya Mustahdi dan Mustakim . Data yang didapat dikumpulkan dan dianalisis menggunakan metode analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Nilai-nilai toleransi beragama yang terdapat dalam buku ajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti tingkat SMA/SMK kelas XI kurikulum 2013 edisi revisi 2017 yaitu menghargai perbedaan dengan cara memperlakukan orang lain dengan baik dan penuh pengertian, menentang permusuhan, kekejaman, kefanatikan, serta menghargai orang lain berdasarkan karakternya dan menghormati sesama manusia dengan membiarkan mereka mengetahui bahwa mereka aman, bahagia dan mereka penting karena posisi dan peran mereka sebagai manusia; berpartisipasi menjaga kerukunan dengan bertoleransi dan belajar berempati dengan cara mengetahui batas-batas perbedaan dan mencari titik pertemuan, di mana titik tersebut diwujudkan kebutuhan bersama, sehingga hubungan dapat terus dibina, dikembangkan dan kemudian menjadi satu bagian dari budaya bermasyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai;Toleransi Beragama; Pendidikan Agama Islam; Budi pekerti
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 205 Religious Ethics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Marisatul Aminah
Date Deposited: 07 Apr 2021 03:25
Last Modified: 07 Apr 2021 03:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12500

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics