Penanaman nilai-nilai spiritual melalui progam kegiatan keagamaan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus

Oktavianingsih, Leni (2019) Penanaman nilai-nilai spiritual melalui progam kegiatan keagamaan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1503016154_Leni Oktavianingsih]
Preview
Text (skripsi_1503016154_Leni Oktavianingsih)
skripsi_1503016154_Leni Oktavianingsih.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penanaman nilai-nilai pendidikan spiritual melalui program kegiatan keagamaan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh melemahnya akhlak dan moral peserta didik seiring dengan berkembangnya zaman. Maka dari itu madrasah sebagai salah satu sarana pendidikan harus memposisikan sebagai media sosialisasi kedua setelah keluarga untuk menumbuhkan dan memperkuat pondasi akhlak peserta didik. peneliti melihat bahwa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus mempunyai suatu program unggulan yang tidak dimiliki oleh madrasah lain yaitu program kegiatan keagamaan yang dilaksanakan setiap hari, karena tidak hanya pengetahuan umumnya saja yang unggul akan tetapi nilai-nilai keagamaannya sehingga banyak masyarakat Kudus dan sekitarnya lebih memilih menyekolahkan anaknya di MTs Negeri 1 Kudus. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan: (1) Apa saja penanaman nilai-nilai spiritual melalui program kegiatan keagamaan di MTs Negeri 1 Kudus ? (2) Bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan spiritual melalui program kegiatan keagamaan di MTs Negeri 1 Kudus ? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat proses penanaman nilai-nilai pendidikan spiritual melalui program kegiatan keagamaan di MTs Negeri 1 Kudus ?
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi data dan sumber. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan data yang telah diperoleh.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai pendidikan spiritual melalui program kegiatan keagamaan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus sudah berlangsung dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan tertibnya proses kegiatan keagamaan yang berlangsung setiap hari. Penanaman nilai-nilai pendidikan spiritual dilakukan melalui proses pemahaman, pembiasaan, dan keteladanan, oleh karena itu pembentukan karakter dan jiwa keagamaan peserta didik sudah mulai terlihat. Madrasah sangat menekankan guru pendamping untuk benar-benar mendampingi selama proses kegiatan keagamaan dengan baik, untuk menertibkan guru pendamping madrasah juga membuat jurnal absen untuk mengetahui ketertiban datang guru pendamping.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: pendidikan spiritual; kegiatan keagamaan; Pendidikan Agama Islam; Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kudus
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 207 Missions and religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Marisatul Aminah
Date Deposited: 07 Apr 2021 06:30
Last Modified: 07 Apr 2021 06:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12508

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics