Pesan dakwah dalam program "Penyejuk Iman" di Radio Swara Kendal

Putri, Fani Dewinta (2019) Pesan dakwah dalam program "Penyejuk Iman" di Radio Swara Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_131211010_Fani Dewinta Putri]
Preview
Text (SKRIPSI_131211010_Fani Dewinta Putri)
SKRIPSI_131211010_Fani Dewinta Putri.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manusia dihadapkan langsung dengan berbagai macam konflik yang terjadi seperti konflik individu, konflik antar agama, konflik politik, konflik sosial dan lain sebagainya. Untuk menghadapi tantangan umat Islam dewasa ini, dakwah merupakan sesuatu yang relevan dikembangkan di era informasi. Dakwah bukan hanya merupakan usaha penyampaian saja, tetapi merupakan bentuk dari usaha untuk mengubah pemikiran seseorang untuk mencapai arah kehidupan yang lebih berkualitas. Ajaran Islam menghendaki terciptanya individu yang mantap dalam akidah, ibadah, muamalah maupun ahlaknya. Sehingga diharapkan manusia akan selalu sadar dalam keadaan apapun dan selalu mengingat Allah SWT.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di Radio Swara Kendal FM. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Setelah data terkumpul, kemudian unit analisis, kategori dan analisis.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, peneliti menyimpulkan bahwasanya terdapat pesan dakwah muamalah pada tema siaran “Muhasabah”, pesan dakwah syariah dan akidah pada tema siaran “Belajar dari Binatang Kecil”, pesan dakwah akhlak dalam tema siaran “ Hak Anak Atas Orang Tua”, pesan dakwah akidah pada tema siaran “Hakikat Penciptaan Manusia”, pesan dakwah akidah dalam tema siaran “Ikhlas dalam Beribadah”, pesan dakwah akidah pada tema siaran “Iman dan Takwa”, dan pesan dakwah syariah pada tema siaran “Keutamaan Sedekah”.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Siaran Radio; Media dakwah; Program Penyejuk Iman; Radio Swara Kendal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Lena Lena
Date Deposited: 07 Apr 2021 06:55
Last Modified: 13 Jul 2021 04:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12516

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics