Implementasi akad hawalah pada take over internal pembiayaan KPR antar nasabah bank BTN kantor cabang syariah Semarang

Abidin, Safriaul (2019) Implementasi akad hawalah pada take over internal pembiayaan KPR antar nasabah bank BTN kantor cabang syariah Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1605015112_Safriaul Abidin]
Preview
Text (Skripsi_1605015112_Safriaul Abidin)
skripsi_1605015112_safriaul abidin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Umumnya, proses menyicil KPR memiliki jangka waktu yang relatif lama, bahkan ada yang hingga 20 tahun, sehingga dengan rentang waktu yang lama tersebut bukan tidak mungkin nasabah akan mengalami kendala ataupun kebutuhan lain pada rentang waktu tersebut. Oleh karena itu banyak dari nasabah yang mengtake overkan rumahnya ke pihak ketiga, karena ketidak sanggupan nasabah dalam melunasi pembiayaannya ke bank sesuai kesepakatan awalnya. Take over internal KPR merupakan proses pengalihan utang KPR dari debitur lama ke calon debitur baru, sehingga kewajiban debitur lama dalam membayarkan utangnya digantikan oleh debitur baru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana prosedur take over internal pembiayaan KPR di Bank BTN Kantor Cabang Syariah Semarang, serta bagaimana implementasi akad hawalah pada jual beli take over internal pembiayaan KPR antar nasabah Bank BTN Kantor Cabang Syariah Semarang.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang lebih menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam pada suatu masalah. Sumber data pada penelitian ini berasal dari data primer dan data sekunder yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa prosedur take over internal di Bank BTN Kantor Cabang Syariah Semarang telah sesuai dengan syariah Islam. Sedangkan implementasi akad hawalah dalam jual beli take over internal adalah sebagai akad pelengkap dalam jual beli
viii
tersebut. Praktik jual beli ini termasuk dalam novasi subjektif pasif yaitu pengalihan utang dengan penggantian debitur jika ditinjau berdasarkan fatwa DSN nomor 103/DSN-MUI/X/2016 tentang novasi subjektif berdasarkan prinsip syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: KPR; Jual beli; Take over internal; Akad hawalah; Muamalah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Reihana Zulfa
Date Deposited: 14 Apr 2021 02:17
Last Modified: 07 Jun 2021 04:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12521

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics