Pengembangan kecerdasan musikal kelas B melalui ekstrakurikuler alat musik angklung di TK Thofala Islamic School Semarang

Munadhifah, Munadhifah (2019) Pengembangan kecerdasan musikal kelas B melalui ekstrakurikuler alat musik angklung di TK Thofala Islamic School Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1503106034_Munadhifah]
Preview
Text (skripsi_1503106034_Munadhifah)
skripsi_1503106034_Munadhifah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini: Pada diri anak usia dini memiliki beragam kecerdasan yang dapat kita kembangkan, salah satunya yaitu kecerdasan musikal. Kecerdasan musikal dapat dikembangakan melalui kegiatan alat musik. Tetapi dalam pengenalan alat musik hanya dikenalkan alat musik modern saja seperti drumband dan piano. Di TK Thofala Islamic School Semarang mengadakan ekstrakulikuler angklung, diharapkan dengan kegiatan ekstrakulikuler angklung dapat mengembangkan kecerdasan musikal anak sekaligus memperkenalkan alat musik tradisional yang harus ditanamkan sejak dini, dan pada akhirnya anak dapat memainkan alat musik angklung.
Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengembangan kecerdasan musikal kelas B di TK Thofala Islamic School Semarang melalui ektrakulikuler alat musik angklung?
Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan pengembangan kecerdasan musikal kelas B di TK Thofala Islamic School Semarang melalui ektrakulikuler alat musik angklung.
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan. Responden penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas B, dan guru ektrakulikuler angklung, dengan subjek siswa kelas B di TK Thofala Islamic School Semarang. Objek dalam penelitian ini adalah pengembangan kecerdasan musikal anak melalui ekstrakulikuler alat musik angklung. Instrument dalam
vi
penelitian ini adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu pedoman wawancara, pedoman observasi, pedoman dokumentasi,
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam mengembangkan kecerdasan musikal anak kelas B di TK Thofala Islamic School Semarang melalui kegiatan ektrakulikuler alat musik angklung dilakukan sesuai kebutuhan anak usia dini, yaitu dengan beberapa langkah yang menyenangkan, disertakan bermain dan nyanyian. Pengembangan kecerdasan musikal anak melalui ektrakulikuler angklung dikatakan sudah berhasil karena empat kemampuan kecerdasan musikal anak yang meliputi menikmati, mengamati, membedakan, dan mengekspresikan bentuk musik dapat berkembang serta anak mampu memainkan alat musik angklung dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan; Musikal; Ekstrakulikuler; Alat Musik Angklung; Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Marisatul Aminah
Date Deposited: 07 Apr 2021 03:12
Last Modified: 22 May 2021 07:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12522

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics