Meningkatkan keterampilan berbicara dengan menggunakan metode bercerita melalui media boneka tangan pada kelompok a di RA Al-furqon Slawi Tegal tahun ajaran 2018/2019

Nisaa, Aula Adibatun (2019) Meningkatkan keterampilan berbicara dengan menggunakan metode bercerita melalui media boneka tangan pada kelompok a di RA Al-furqon Slawi Tegal tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1503106041_Aula Adibatun Nisa]
Preview
Text (skripsi_1503106041_Aula Adibatun Nisa)
skripsi_1503106041_Aula Adibatun Nisa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang keterampilan bicara anak sejak usia
dini. Penelitian ini dilatar belakangi suatu permasalahan yang
berkenaan dengan banyaknya anak yang kesulitan dalam
pengembangan keterampilan bicara anak sejak usia dini salah satu
metode yang dapat digunakan yaitu metode bercerita khususnya pada
kelompok A. Sehingga memerlukan adanya penerapan media untuk
meningkatkan keterampilan bicara anak. Penelitian ini dilakukan di
RA AL-Furqon Slawi Tegal, studi ini bermaksud untuk menjawab
permasalahan: Apakah dengan menggunakan metode bererita melalui
media boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara
pada kelompok A di RA AL-Furqon Slawi Tegal Tahun Ajaran
2018/2019?
Skripsi ini dibahas melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang dilakukan melalui dua siklus, dengan setiap siklus tahapannya
terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data
penelitian ini diperoleh melalui observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa media boneka tangan yang
dilaksanakan dua siklus terbukti dapat meningkatkan keterampilan
berbicara pada siswa RA AL-Furqon Slawi Tegal. Hal tersebut dapat
terlihat dari adanya peningkatan pada setiap aspek penelitian.
Kemampuan pada metode bercerita dengan menggunakan media
boneka tangan ini pada pra siklus 22 anak 2 anak yang memiliki
vii
kriteria baik, 8 anak yang memiliki kriteria cukup, dan 12 anak
dengan kriteria kurang. Rata-rata yang diperoleh selama proses
pembelajaran berlangsung 55,79%, dan meningkat pada siklus I
menjadi 62,95% yaitu dari 22 anak 6 anak yang memiliki krteria baik,
6 anak dengan kriteria cukup, dan 10 anak dengan kriteria kurang.
Dan meningkat pada siklus II mencapai 86,02% yaitu dari 22 anak 15
anak yang memiliki kriteria memuaskan dan 7 anak yang memiliki
kriteria baik.
Dapat disimpulkan bahwa keterampilan berbicara pada anak
meningkat setelah dilakukannya tindakan bercerita dengan
menggunakan media boneka tangan hasil observasi keterampilan
berbicara pada Pra Siklus yaitu 55,79%, meningkat pada Siklus I yaitu
62,95% dan pada Siklus II meningkat menjadi 86,02%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode bercerita; Keterampilan bicara anak; Pendidikan islam Anak Usia Dini; RA Al-furqon
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Marisatul Aminah
Date Deposited: 12 Apr 2021 02:12
Last Modified: 22 May 2021 07:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12525

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics