Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an pada Mata Pelajaran BTA melalui Metode Reading Aloud di Kelas III MI Kebondalem 01 Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2010/2011

Hasan, A. (2012) Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an pada Mata Pelajaran BTA melalui Metode Reading Aloud di Kelas III MI Kebondalem 01 Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911265-Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911265-Bab1.pdf - Accepted Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911265-Bab2.pdf - Accepted Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911265-Bab3.pdf - Accepted Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911265-Bab4.pdf - Accepted Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911265-Bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911265-Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas kemampuan membaca Al Quran dan metode reading aloud. Kajiannya dilatarbelakangi rendahnya kemampuan siswa dalam membaca Al Quran dan metode pembelajaran yang kurang inovatif sehingga perlu diterapkannya metode realing aloud. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimanakah kemampuan membaca Al Qur'an siswa kelas III di MI Kebondalem 01 Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang tahun pelajaran 2010/2011? (2) Bagaimanakah penggunaan metode reading aloud di MI Kebondalem 01 Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang, (3) Apakah melalui metode reading aloud kemampuan membaca Al Qur'an pada mata pelajaran BTA siswa kelas III MI Kebondalem 01 Gringsing Batang Tahun Pelajaran 2010/2011 dapat meningkat? Permasalahan tersebut dibahas melalui tindakan kelas III MI Kebondalem 01 Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Penelitian ini dirancang dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan analisis, refleksi serta evaluasi. Data yang diambil adalah hasil belajar melalui tes akhir siklus dan keaktifan siswa melalui tes lisan dan observasi pada waktu pelaksanaan pembelajaran. Indikator yang diharapkan adalah siswa yang mendapat nilai ≥70, ketuntasan belajar mencapai 85% pada akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca Al Qur’an pada pra siklus nilai rata-rata 68,94, ketercapaian klasikal 48,48%, selanjutnya setelah dilakukan tindakan hasil belajar pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 71,45, ketuntasan belajar secara klasikal 63,64%. Pada siklus II nilai rata-rata 75,30 dan ketuntasan mencapai 87,88%. Kinerja guru pada siklus I dengan skor 31 (baik) dan pada siklus II dengan skor 39 (baik). Dari hasil tindakan dapat disimpulkan bahwa metode reading aloud dapat menjadi solusi dalam mengatasi kesulitan membaca Al Qur’an, dan metode reading aloud dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Baca Tulis Al Qur’an siswa kelas III MI Kebondalem 01 Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Dari hasil penelitian disarankan bahwa dalam proses pembelajaran hendaknya seorang guru tidak terfokus pada satu atau dua metode saja, tetapi harus kreatif dengan menyajikan metode yang variatif sehingga pembelajaran menjadi menarik dan tidak membosankan supaya siswa termotivasi dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Guru dapat mengembangkan metode reading aloud untuk materi yang lain sebagai variasi penggunaan model pengajaran dalam mengajarkan mata pelajaran Baca Tulis Al Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Membaca Al Qur’an; Metode Reading Aloud; Metode Pembelajaran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 31 Dec 2013 07:11
Last Modified: 31 Dec 2013 07:11
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1255

Actions (login required)

View Item View Item