Membentuk penggalangan infaq terhadap kepedulian siswa di SDIT Insan Mulia Semarang

Istiqomah, Wahyu ulfatul (2019) Membentuk penggalangan infaq terhadap kepedulian siswa di SDIT Insan Mulia Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1503096036_Wahyu Ulfatul Istiqomah]
Preview
Text (skripsi_1503096036_Wahyu Ulfatul Istiqomah)
skripsi_1503096036_Wahyu Ulfatul Istiqomah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses membentuk penggalangan infaq di SDIT Insan Mulia Semarang, dan hasil membentuk penggalangan infaq di SDIT Insan Mulia Semarang. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hasil membentuk penggalangan infaq terhadap kepedulian siswa di SDIT Insan Mulia Semarang.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Kepala madrasah, guru kelas III dan V dan siswa kelas III dan V. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses membentuk penggalangan infaq terhadap kepedulian siswa di SDIT Insan Mulia Semarang, yaitu: dengan bercerita dan memutarkan video tentang bencana alam, kegiatan rutin (infaq), dan kegiatan jum’at berkah. Sedangkan, hasil membentuk penggalangan infaq terhadap kepedulian siswa di SDIT Insan Mulia Semarang, yaitu 1) siswa mempunyai sikap yang lebih peka terhadap orang lain, 2) merasakan apa yang orang lain rasakan, dan 3) mempunyai rasa peduli terhadap orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penggalangan infaq; Kepedulian siswa; Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah; SDIT Insan Mulia
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Marisatul Aminah
Date Deposited: 12 Apr 2021 03:27
Last Modified: 28 Jul 2021 09:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12553

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics