Pemberdayaan masyarakat berbasis masjid :Studi terhadap Masjid Agung Kota Semarang

Al Muttaqi, Abu Ya'la (2019) Pemberdayaan masyarakat berbasis masjid :Studi terhadap Masjid Agung Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1501046005_Abu Ya'la Al Muttaqi]
Preview
Text (skripsi_1501046005_Abu Ya'la Al Muttaqi)
skripsi_1501046005_Abu Ya'la Al Muttaqi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan masyarakat berbasis masjid (Studi terhadap Masjid Agung Kota Semarang). Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu kegiatan penting yang perlu dilakukan dalam upaya untuk memberdayakan terutama pada kelompok yang dinilai lemah dan rentan terhadap kemiskinan sehingga mereka memiliki kemampuan dan kekuatan dengan tujuan dapat melepaskan diri mereka dari berbagai keterpurukan, ketertinggalan, dan keterbelakangan. Mayoritas penduduk negara Indonesia adalah Muslim, tidak heran bila jumlah masjid di Indonesia sangat banyak, bahkan hampir di setiap desa pasti terdapat masjid. Dan dengan manajemen masjid yang baik dan teratur maka akan menjadikan masjid sebagai tempat yang sangat potensial untuk memberdayakan masyarakat. Hal itulah yang mendorong Yayasan Masjid Agung Semarang bersemangat dalam menjalankan sebaik mungkin fungsi dan peran masjid dalam memberdayakan masyarakat, sehingga jamaah dan masyarakat sekitar merasakan betul manfaat dari adanya
masjid. Dalam penelitian ini dirumuskan dua rumusan masalah yaitu bagaimana proses pemberdayaan masyarakat berbasis masjid dan bagaimana hasil pemberdayaan masyakatat berbasis masjid yang ada di Masjid Agung Kota Semarang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses yang ditempuh masjid dalam memberdayakan masyarakat dan hasil yang diperoleh masyarakat dari kegiatan pemberdayaan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dimana pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi. Serta teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. penelitian ini juga merujuk pada beberapa teori, seperti teori pemberdayaan masyarakat, teori tentang masjid, serta teori pemberdayaan masyarakat berbasis masjid.
Hasil penelitian menunjukkan, Progam pemberdayaan yang ada di Masjid Agung Semarang meliputi dua hal utama, yakni pemberdayaan ekonomi melalui Koperasi Syari‟ah Masjid Agung Semarang (KOSAMAS) dan pemberdayaan remaja melalui Ikatan
Remaja Islam Masjid Agung Semarang (KARISMA). Proses pemberdayaan masyarakat oleh Masjid Agung Kota Semarang dilakukan dalam bentuk peningkatan ekonomi masyarakat sekitar melalui progam yang ada di Koperasi Syari‟ah Masjid Agung Semarang (KOSAMAS), meliputi pinjaman kelompok dan pembiayaan berjangka. ada juga pemberdayaan terhadap remaja melalui wadah yang di sebut Ikatan Remaja Islam Masjid Agung Semarang (KARISMA), dengan berbagai progam mulai pelatihan dan pengembangan bakat, diskusi, olahraga, dan lain sebagainya. Dengan adanya pemberdayaan masyarakat berbasis masjid di Masjid Agung Semarang membawa hasil dan dampak positif berupa meningktnya taraf perekonomian masyarakat dan juga perbaikan perilaku remaja. Pemberdayaan berbasis masjid ini memberikan manfaat hampir ke semua aspek usia, mulai dari anak-anak, remaja, dan dewasa. dan karena hal tersebut merubah kehidupan mereka menjadi lebih baik, mandiri, serta mampu menghadapi sekaligus menyelesaikan permasalahan yang dihadapi mereka. dan dengan adanya pemberdayaan ini secara tidak langsung ikutmemakmurkan masjid itu sendiri, seperti masjid yang pernah ada di masa Rasulullah dulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat Islam; Masjid Agung Semarang
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Marisatul Aminah
Date Deposited: 12 Apr 2021 04:06
Last Modified: 22 May 2021 03:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12567

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics