Peran pendamping Progam Keluarga Harapan (PKH) dalam meningkat kesejahteraan keluarga di Desa Surodadi Kecamatan Sayung Kabupaten Demak

Halimah, Ainsyani Siti Noor (2019) Peran pendamping Progam Keluarga Harapan (PKH) dalam meningkat kesejahteraan keluarga di Desa Surodadi Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1501046035_Ainsyani Siti Noor Halimah]
Preview
Text (skripsi_1501046035_Ainsyani Siti Noor Halimah)
skripsi_1501046035_Ainsyani Siti Noor Halimah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Peran Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga di Desa Surodadi Kecamatan Sayung Kabupaten Demak.
Kemiskinan telah menjadi tren bagi kehidupan bangsa Indonesia. Masyarakat yang berada dibawah garis kemiskinan dapat dengan mudah diidentifikasikan dari waktu ke waktu. Keberhasilan program pengentasan kemiskinan yang disuarakan pemerintah masih memicu pro dan kontra. Laporan keberhasilan lebih menjadi upaya pengalihan dan pembentukan opini masyarakat akan citra pemerintah. Program Keluarga Harapan menjadi salah satu program yang dirasa cukup untuk membantu mengurangi kemiskinan bangsa Indonesia. Program keluarga harapan ini sebagai salah satu pendukung dalam pelaksanaan program Milennium Development Goals (MGD’s) yang pada tahun 2015 telah selesai dan dilanjutkan dengan program Sustainnable Development Goals (SDG’s). Untuk mensukseskan program tersebut menjadi hal yang penting untuk peran pendamping menjadi bagian dari faktor pendukung keberhasilan guna melakukan proses pendampingan dalam proses pemberdayaan masyarakat khususnya di Desa Surodadi Kecamatan Sayung Kabupaten Demak guna meningkatkan kesejahteraa keluarga. Dalam hal ini penulis ingin meneliti tentang “Bagaimana Peran Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga di Desa Surodadi Kecamatan Sayung Kabupaten Demak.”
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran apa yang dilakukan pendamping dalam melaksanakan program sehingga program tersebut berjalan maksimal sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai
xi
di Desa Surodadi Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Untuk mendapatkan hasil dari penelitian diatas Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan sosiologis yang membutuhkan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam teknik uji validasi data penulis menggunakan triangulasi sumber dengan cara mengkategorikan mana pandangan yang sama, yang berbeda, dan mana yang spesifik dari beberapa sumber.
Hasil penelitian yang dilakukan bahwa wujud dari peran yang dilakukan oleh pendamping Desa Surodadi Kecamatan Sayung Kabupaten Demak adalah pendamping sebagai motivator, pendamping sebagai fasilitator/penyuluh, pendamping sebagai pendidik, pendamping sebagai mediator/negosiator. Dengan beberapa peran tersebut telah dapat mengubah tingkat kesejahteraan keluarga masyarakat, khususnya anggota keluarga penerima manfaat (KPM) PKH di Desa Surodadi Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Namun dalam beberapa peran diatas, peran pendamping sebagai pendidik justru menjadi peran yang mencakup semua peran yang dibutuhkan oleh masyarakat. Karena secara tidak lagsung peran pendidik juga menjadi fasilitator dalam mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi masyarakat, pendidik sebagai motivator bagi masyarakat untuk semakin mandiri dan bersemangat meningkatkan kesejahteraan keluarga mereka tanpa terus menerus mengandalkan bantuan, dan pendidik yang menjadi mediator bagi setiap permasalahan yang ada secara objektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Program Keluarga Harapan (PKH); Kesejahteraan; Pengembangan masyarakat Islam
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Marisatul Aminah
Date Deposited: 12 Apr 2021 04:19
Last Modified: 22 May 2021 03:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12571

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics