Penerapan Metode Qira’ati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Surat Al-Fatihah pada Kelas 1 MI Islamiyah Candi Kecamatan Bandar Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2011/2012

Faizah, Nur (2012) Penerapan Metode Qira’ati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Surat Al-Fatihah pada Kelas 1 MI Islamiyah Candi Kecamatan Bandar Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
093911270_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911270_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911270_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911270_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911270_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911270_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
093911270_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas penerapan metode qira’ati dalam membaca Al-Qur’an surat Al-Fatihah di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah. Kajiannya dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran membaca Al-Qur’an yang dilaksanakan di MI Islamiyah Candi yang belum efktif dan efesien. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana penerapan metode qiro’ati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an surat Al-Fatihah pada kelas 1 MI Islamiyah Candi ?; (2) Faktor-faktor apa yang menjadi penunjang dan penghambat dalam penerapan metode qiro’ati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an surat Al-Fatihah pada kelas 1 MI Islamiyah Candi ?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di kelas I MI Islamiyah Candi. Madrasah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan deskripsi penerapan metode qira’ati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an surat Al-Fatihah pada kelas I. datanya diperoleh dengan wawancara, observasi. Metode yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) metode qira’ati adalah metode pengajaran membaca Al-Qur’an dengan bunyi huruf-huruf hijaiyah yang sudah berharakat (tanda baca). Dalam pelajaran ini, anak tidak boleh mengeja tapi langsung membaca bunyi huruf yang berharakat tersebut dengan berdasarkan prinsip-prinsip Dak-Tun (guru tidak boleh menuntun), Ti-Was-Gas (guru harus teliti waspada dan tegas), CBSA+M (Cara Belajar Siswa Aktif dan Mandiri) dan LCBT (Lancar, Cepat, Tepat dan Benar). Sehingga anak dapat lebih mudah menerimanya dan pembelajaran membaca Al-Qur’an dapat dilaksanakan dengan efektif dan efesien; (2) Faktor-Faktor yang menjadi penunjang terlaksananya penerapan metode qiraati di MI Islamiyah Candi adalah tersediaanya fasilitas pembelajaran yang memadai, seperti CD Al-Qur’an, Al-Qur’an magnetis, kartu ayat Al-Qur’an, huruf hijaiyah magnetis, buku paket dan secara materi surat Al-Fatihah merupakan salah satu surat Al-Qur’an yang sering dihafalkan oleh siswa baik disekolah maupun dirumah. Adapun hambatan yang dihadapi adalah beberapa peserta didik kurang fokus, sering lupa bacaan yang diajarkan, belum fasih melafalkan huruf-huruf hijaiyah, kondisi kelas yang gaduh ketika belajar privat dan problem kompetensi guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Qira’ati; Membaca Al-Qur’an
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 31 Dec 2013 07:14
Last Modified: 31 Dec 2013 07:14
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1258

Actions (login required)

View Item View Item